Pengaruh Authentic Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika ditinjau dari kemampuan awal peserta didik MAN Malang I / Emi Rohanum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Authentic Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika ditinjau dari kemampuan awal peserta didik MAN Malang I / Emi Rohanum

Rohanum, Emi (2013) Pengaruh Authentic Problem Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika ditinjau dari kemampuan awal peserta didik MAN Malang I / Emi Rohanum. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rohanum Emi. 2013. Pengaruh Authentic Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Ditinjau dari Kemampuan Awal Peserta Didik MAN Malang I. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Lia Yuliati M.Pd (2) Dr. Markus Diantoro M.Si Kata Kunci authentic-problem based learning kemampuan pemecahan masalah kemampuan awal 12288 12288 12288 12288 Aktivitas pembelajaran yang ideal tidak hanya difokuskan pada upaya mendapatkan pengetahuan sebanyak-banyaknya melainkan cara menggunakan segenap pengetahuan yang diperoleh untuk memecahkan masalah-masalah yang ada kaitannya dengan teori yang dipelajari. Authentic Problem Based Learning (a-PBL) dirancang dengan tujuan agar peserta didik terampil menggunakan pengetahuan untuk memecahkan masalah baru dapat bekerja secara efektif dalam kelompok dan bertanggung jawab terhadap pembelajarannya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh a-PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah dibandingkan dengan PBL mengetahui adanya interaksi antara a-PBL dengan kemampuan awal terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika serta mengetahui pengaruh a-PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika pada siswa berkemampuan awal tinggi dan rendah. 12288 12288 12288 12288 Penelitian menggunakan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA MAN Malang I. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dan diperoleh 2 kelas yang belajar menggunakan a-PBL dan 2 kelas yang belajar menggunakan PBL. Instrumen penelitian terdiri atas RPP silabus dan soal kemampuan pemecahan masalah fisika materi fluida statis yang berupa soal uraian. Teknik pengumpulan data kemampuan awal dengan mengambil nilai ulangan harian pada pokok bahasan sebelumnya dan pada akhir penelitian diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data menggunakan uji Anava dua jalur yang dilanjutkan dengan uji Tukey. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) a-PBL lebih efektif dibandingkan PBL terhadap pemecahan masalah fisika siswa ditunjukkan oleh hasil uji Tukey Q1hitung (10 29) Qtabel (3 79) pada taraf signifikansi 0 05 (2) terdapat interaksi antara a-PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika siswa ditunjukkan oleh nilai Fhitung (7 34) Ftabel (3 96) (3) a-PBL lebih efektif dibandingkan PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika untuk siswa yang memiliki kemampuan awal tinggi ditunjukkan oleh nilai Q3hitung (7 28) dari Qt (3 96) (4) a-PBL tidak lebih efektif dibandingkan PBL terhadap kemampuan pemecahan masalah fisika untuk siswa yang memiliki kemampuan awal rendah ditunjukkan oleh nilai Q4hitung (1 86) Qt (3 96). Keberhasilan a-PBL mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah tidak terlepas dari adanya tahap-tahap pembelajaran pada a-PBL yang memberi kesempatan pada peserta didik untuk menemukan pola dan metode yang sesuai dalam mencari informasi kemudian informasi yang didapatkan dievaluasi disintesis dan dipadukan dengan kemampuan awal yang sudah dimiliki peserta didik untuk memecahkan masalah fisika yang ada.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59718

Actions (login required)

View Item View Item