Pengembangan model asesmen formatif berbentuk kuis game berbantuan komputer untuk membantu siswa SMA menguasai konsep kalor / Joko Dwi Eryanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan model asesmen formatif berbentuk kuis game berbantuan komputer untuk membantu siswa SMA menguasai konsep kalor / Joko Dwi Eryanto

Eryanto, Joko Dwi (2013) Pengembangan model asesmen formatif berbentuk kuis game berbantuan komputer untuk membantu siswa SMA menguasai konsep kalor / Joko Dwi Eryanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan asesmen berbantuan komputer asesmen formatif kuis game penguasaan konsep Asesmen formatif yang dilaksanakan selama proses pembelajaran dapat memberikan informasi yang berguna untuk memperbaiki pembelajaran dan meningkatkan penguasaan konsep siswa terhadap suatu materi pembelajaran. Hasil observasi menunjukkan kurangnya pelaksanaan asesmen formatif dalam pembelajaran di sekolah-sekolah. Tidak tersedianya waktu untuk persiapan dan pelaksanaan adalah alasan guru tidak melakukan asesmen formatif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan model asesmen formatif yang dapat digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran fisika SMA pada materi kalor. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) untuk mengembangkan suatu produk. Produk tersebut berupa model asesmen formatif berbentuk kuis game berbantuan komputer. Pengembangan produk menggunakan desain yang diadaptasi dari langkah penelitian dan pengembangan oleh Borg Gall yang terdiri dari studi pendahuluan pengembangan produk dan pengujian. Uji coba dalam penelitian dan pengembangan ini adalah uji coba terbatas dan uji efektivitas. Pengambilan data uji coba terbatas dilakukan dengan menggunakan instrumen berupa angket kepada ahli materi ahli asesmen ahli media penilaian guru dan audien (siswa). Uji efektivitas dilakukan dengan menerapkan produk kepada populasi siswa. Pengujian hipotesis menggunakan Independent Sample t-test. Produk akhir yang dihasilkan adalah model asesmen formatif berbentuk kuis game berbantuan komputer. Model asesmen formatif berbentuk kuis game ber bantuan komputer yang dikembang kan adalah permainan kuis dengan soal dalam bentuk multiple choice yang terdiri dari beberapa level dengan tingkat kognitif C1 sampai C4. Setiap level kuis terdiri dari beberapa bagian. Balikan atau feedback secara langsung diberikan ke siswa setelah mengerjakan soal. Feedback yang diberikan meliputi informasi ting kat penguasaan konsep me nun jukkan le tak kesalahan pembahasan soal dan konsep yang harus dipelajari untuk mencapai level kuis yang lebih tinggi. Kelebihan produk yang telah dikembangkan adalah produk dapat membantu guru melaksa nakan asesmen formatif pada materi kalor produk memberikan balikan kepada masing-masing siswa secara langsung produk dapat memberikan balikan kepada guru produk dilengkapi video belajar dan materi bantuan produk dapat membantu siswa menguasai konsep kalor. Kekurangan produk adalah terbatas pada materi kalor produk tidak dapat memberi laporan pada guru mengenai sudah atau belumnya siswa mengerjakan latihan soal balikan ke guru masih belum kesimpulan akhir dan produk hanya dapat dioperasikan dengan menggunakan komputer atau notebook.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59716

Actions (login required)

View Item View Item