Pengaruh model siklus belajar berbantuan Mind Map terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari kinerja laboratotium siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rejoso Kabupaten Pasuruan / Ary Analisa Rahma - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model siklus belajar berbantuan Mind Map terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari kinerja laboratotium siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rejoso Kabupaten Pasuruan / Ary Analisa Rahma

Rahma, Ary Analisa (2013) Pengaruh model siklus belajar berbantuan Mind Map terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari kinerja laboratotium siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rejoso Kabupaten Pasuruan / Ary Analisa Rahma. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model siklus belajar mind map kinerja laboratorium prestasi belajar fisika Model siklus belajar merupakan salah satu model pembelajaran yang didasarkan pada teori belajar konstruktivisme. Beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa model siklus belajar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Kelemahan model siklus belajar yaitu memerlukan waktu yang panjang dalam proses pembelajarannya. Oleh sebab itu pada penelitian ini menggunakan bantuan teknik mencatat dengan mind map. Penerapan model siklus belajar berbantuan mind map diyakini mampu membuat prestasi belajar fisika siswa menjadi lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh model siklus belajar berbantuan mind map terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari kinerja laboratorium siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Rancangan penelitian yang digunakan adalah factorial design 2 x 2. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Rejoso kabupaten Pasuruan yang terdiri atas 204 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari instrumen perlakuan dan instrumen pengukuran. Instrumen perlakuan meliputi silabus RPP dan LKS. Instrumen pengukuran meliputi instrumen kinerja laboratorium dan tes prestasi belajar. Teknik pengumpulan data kinerja laboratorium dengan observasi sedangkan prestasi belajar dengan tes. Teknik analisis data dengan uji Anava 2 jalur dan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) prestasi belajar fisika siswa yang belajar dengan model siklus belajar berbantuan mind map lebih tinggi dibandingkan yang belajar dengan pembelajaran inkuiri 2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kinerja laboratorium terhadap prestasi belajar fisika siswa 3) prestasi belajar fisika siswa yang mempunyai kinerja laboratorium tinggi lebih tinggi jika belajar dengan model siklus belajar berbantuan mind map daripada yang belajar dengan pembelajaran inkuiri dan 4) prestasi belajar fisika siswa yang mempunyai kinerja laboratorium rendah lebih tinggi jika belajar dengan model siklus belajar berbantuan mind map daripada yang belajar dengan pembelajaran inkuiri. Saran penelitian yang dapat diberikan yaitu 1) bagi siswa mind map dapat digunakan sebagai alternatif untuk mempermudah meringkas materi pelajaran secara kreatif 2) bagi guru pembelajaran fisika dengan model siklus belajar berbantuan mind map dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa 3) bagi sekolah sarana dan prasarana praktikum yang dibutuhkan dalam pembelajaran fisika serta buku-buku fisika yang menunjang pelaksanaan pembelajaran perlu ditambah 4) bagi peneliti lain pendekatan pembelajaran yang sama dapat diterapkan pada pokok bahasan yang berbeda namun harus disesuaikan dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59715

Actions (login required)

View Item View Item