Pengaruh modeling instruction-inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep fisika siswa SMA / Vita Ria Mustikasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh modeling instruction-inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep fisika siswa SMA / Vita Ria Mustikasari

Mustikasari, Vita Ria (2013) Pengaruh modeling instruction-inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep fisika siswa SMA / Vita Ria Mustikasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Modeling Instruction inkuiri terbimbing keterampilan proses sains penguasaan konsep fisika. Keterampilan proses sains dan penguasaan konsep fisika siswa rendah. Guru jarang melakukan penilaian terhadap keterampilan proses sains dan pembelajaran cenderung pada penyampaian konsep. Modeling Instruction-Inkuiri Terbimbing memfasilitasi siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran melalui kegiatan praktikum sehingga dapat mengembangkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep fisika siswa menjadi lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji apakah ada perbedaan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep fisika siswa yang belajar dengan Modeling Instruction-inkuiri terbimbing Modeling Instruction dan Direct Instruction (2) menguji apakah keterampilan proses sains siswa yang belajar dengan Modeling Instruction-inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada Modeling Instruction dan Direct Instruction (3) menguji apakah penguasaan konsep fisika siswa yang belajar dengan Modeling Instruction-inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada Modeling Instruction dan Direct Instruction. Penelitian ini menggunakan Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 5 Malang tahun pelajaran 2012/2013 yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah total 306 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah kluster random sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 6 kelas yaitu 2 kelas dengan perlakuan Modeling Instruction-inkuiri terbimbing dan 2 kelas dengan perlakuan Modeling Instruction sebagai kelas eksperimen serta 2 kelas dengan perlakuan Direct Instruction sebagai kelas kontrol. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah kalor. Data keterampilan proses sains siswa diperoleh melalui tes kinerja dan data penguasaan konsep fisika diperoleh melalui tes tulis dengan tipe soal pilihan ganda. Hipotesis penelitian di uji melalui One Way Manova. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) ada perbedaan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep fisika siswa yang belajar dengan Modeling Instruction-inkuiri terbimbing Modeling Instruction dan Direct Instruction (2) keterampilan proses sains siswa yang belajar dengan Modeling Instruction-inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada Modeling Instruction dan Direct Instruction (3) penguasaan konsep fisika siswa yang belajar dengan Modeling Instruction-inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada Modeling Instruction dan Direct Instruction.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59714

Actions (login required)

View Item View Item