Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan diagram VEE terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari kerja ilmiah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Malang / Erni Yulianti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan diagram VEE terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari kerja ilmiah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Malang / Erni Yulianti

Yulianti, Erni (2013) Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan diagram VEE terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari kerja ilmiah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Malang / Erni Yulianti. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci inkuiri terbimbing Diagram Vee kerja ilmiah prestasi belajar. Tujuan pembelajaran IPA fisika SMP yang tertuang dalam permen 22 tahun 2006 adalah pembelajaran IPA atau fisika hendaknya dilakukan secara inkuiri ilmiah. Inkuiri yang sesuai diterapkan pada siswa SMP adalah inkuiri terbimbing. Kelemahan model inkuiri terbimbing adalah membutuhkan waktu yang lama dalam pembelajarannya dan penguasaan konsep siswa kurang maksimal. Untuk mengatasi hal ini digunakan bantuan metode Diagram Vee karena dapat mempermudah pemahaman siswa. Selain pembelajaran faktor yang berkaitan dengan prestasi belajar siswa adalah kerja ilmiah. Kerja ilmiah merupakan kegiatan yang mengacu pada langkah-langkah ilmiah. Perlu adanya penelitian yang menguji pengaruh dari penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan diagram vee terhadap prestasi belajar fisika siswa ditinjau dari kerja ilmiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen semu dengan desain faktorial 2x2. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Malang Tahun Pelajaran 2012/2013. Sampel yang digunakan meliputi kelas VIII.1 sampai VIII.9. Pemilihan kelas eksperimen dan kelas kontrol secara acak kelompok sehingga didapatkan 4 kelas eksperimen dan empat kelas kontrol. Kelas eksperimen belajar menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan Diagram Vee sedangkan kelas kontrol belajar secara konvensional. Setiap kelompok kelas diberi tes kerja ilmiah yang hasilnya digunakan untuk mengelompokkan mereka ke dalam kelompok kerja ilmiah tinggi dan kerja ilmiah rendah. Instrumen yang digunakan meliputi instrumen kerja ilmiah instrumen prestasi belajar fisika dan instrumen perlakuan. Berdasarkan uji prasyarat analisis diperoleh bahwa semua data terdistribusi normal dan memiliki varian yang homogen. Uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas varian menggunakan uji Bartlett. Pengujian hipotesis menggunakan ANAVA dua arah dan dilanjutkan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) prestasi belajar fisika siswa yang belajar dengan model inkuiri terbimbing berbantuan Diagram Vee lebih tinggi dari pada siswa yang belajar secara konvensional (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan Diagram Vee dan kerja ilmiah siswa terhadap prestasi belajar fisika siswa (3) prestasi belajar fisika bagi siswa yang memiliki kerja ilmiah tinggi lebih tinggi jika belajar dengan model inkuiri terbimbing berbantuan Diagram Vee dari pada belajar secara konvensional (4) prestasi belajar fisika bagi siswa yang memiliki kerja ilmiah rendah lebih rendah jika belajar dengan model inkuiri terbimbing berbantuan Diagram Vee dari pada belajar secara konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59713

Actions (login required)

View Item View Item