Pengaruh Problem Based Learning (PBL)-epsitemic game: mapping meaning ti mathematics terhadap kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep fisika siswa / Rifqi Amalia

Amalia, Rifqi (2013) Pengaruh Problem Based Learning (PBL)-epsitemic game: mapping meaning ti mathematics terhadap kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep fisika siswa / Rifqi Amalia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci : problem based learning, epistemic game: mapping meaning to mathe-matics, kemampuan pemecahan masalah, penguasaan konsep Kesulitansiswadalam proses penyelesaian masalah menyebabkankelemahan-padapelaksanaan PBLsehingga diperlukan adanya sistem Epistemic Game: Map-ping Meaning to Mathematics yang di dalamnya terdapat strategi pemecahan masa-lah yang dapat mengorganisasi tindakan siswa dalam memecahkan masalah. Tujuanpe-nelitianiniadalahuntukmengujiefektivitaspembelajaran PBL-Epistemic Game: Mapping Meaning to Mathematicsterhadapkemampuanpemecahanmasalahdanpe-nguasaankonsepfisikasiswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Group.Pemilihan kelas secara acak sehingga didapatkan kelas XI IPA-1 se-bagaikelas eksperimen satuyang melaksanakan pembelajaran PBL-EG, kelas XI-IPA-2 sebagaikelas eksperimen duayang melaksanakan pembelajaran PBL, dan kelas XI IPA-3 sebagaikelaskontrol yang melaksanakan pembelajaran konven-sional. Instrumen yang digunakan terdiri atas instrumen pengumpulan data yaitu ins-trumen tes kemampuan pemecahan masalah dan instrumen penguasaan konsep fisi-ka, serta instrumen perlakuan berupa Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Siswa (LKS), dan Lembar Observasi Keterlaksanaan Pembela-jaran materi Fluida Statis. Pengujian hipotesis menggunakan MANOVA satu jalur dan dilanjutkan uji LSD. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa: (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep fisika antara siswa yang melaksanakan pembelajaran model PBL-Epistemic Game: Mapping Meaning to Mathematics, model PBL, dan pembelajaran konvensional;(2) kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang melaksanakan pembelajaran PBL-Epistemic Game: Mapping Meaning to Mathematics lebih tinggi dibandingkan dengan yang melaksanakan pembelajaran PBL dan konvensional; (3) penguasaan konsep fisika siswa yang melaksanakan pembelajaran PBL- Epistemic Game: Mapping Meaning to Mathema-tics lebih tinggi dibandingkan dengan yang melaksanakan pembelajaran PBL dan konvensional.Saran yang diajukanberdasarkantemuanpadasaatpenelitianadalahperlu-nyapemilihanpermasalahansecaratepat, aplikasipadamaterilain, danpeneli-tianlebihlanjut agar pembelajaran PBL-EG dapatmemaksimalkankemam?¼puan ma-tematissiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59711

Actions (login required)

View Item View Item