Pengaruh Problem Based Learning (PBL)-epsitemic game: mapping meaning ti mathematics terhadap kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep fisika siswa / Rifqi Amalia - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh Problem Based Learning (PBL)-epsitemic game: mapping meaning ti mathematics terhadap kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep fisika siswa / Rifqi Amalia

Amalia, Rifqi (2013) Pengaruh Problem Based Learning (PBL)-epsitemic game: mapping meaning ti mathematics terhadap kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep fisika siswa / Rifqi Amalia. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci problem based learning epistemic game mapping meaning to mathe-matics kemampuan pemecahan masalah penguasaan konsep Kesulitansiswadalam proses penyelesaian masalah menyebabkankelemahan-padapelaksanaan PBLsehingga diperlukan adanya sistem Epistemic Game Map-ping Meaning to Mathematics yang di dalamnya terdapat strategi pemecahan masa-lah yang dapat mengorganisasi tindakan siswa dalam memecahkan masalah. Tujuanpe-nelitianiniadalahuntukmengujiefektivitaspembelajaran PBL-Epistemic Game Mapping Meaning to Mathematicsterhadapkemampuanpemecahanmasalahdanpe-nguasaankonsepfisikasiswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain Posttest-Only Control Group.Pemilihan kelas secara acak sehingga didapatkan kelas XI IPA-1 se-bagaikelas eksperimen satuyang melaksanakan pembelajaran PBL-EG kelas XI-IPA-2 sebagaikelas eksperimen duayang melaksanakan pembelajaran PBL dan kelas XI IPA-3 sebagaikelaskontrol yang melaksanakan pembelajaran konven-sional. Instrumen yang digunakan terdiri atas instrumen pengumpulan data yaitu ins-trumen tes kemampuan pemecahan masalah dan instrumen penguasaan konsep fisi-ka serta instrumen perlakuan berupa Silabus Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Lembar Kerja Siswa (LKS) dan Lembar Observasi Keterlaksanaan Pembela-jaran materi Fluida Statis. Pengujian hipotesis menggunakan MANOVA satu jalur dan dilanjutkan uji LSD. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah dan penguasaan konsep fisika antara siswa yang melaksanakan pembelajaran model PBL-Epistemic Game Mapping Meaning to Mathematics model PBL dan pembelajaran konvensional (2) kemampuan pemecahan masalah fisika siswa yang melaksanakan pembelajaran PBL-Epistemic Game Mapping Meaning to Mathematics lebih tinggi dibandingkan dengan yang melaksanakan pembelajaran PBL dan konvensional (3) penguasaan konsep fisika siswa yang melaksanakan pembelajaran PBL- Epistemic Game Mapping Meaning to Mathema-tics lebih tinggi dibandingkan dengan yang melaksanakan pembelajaran PBL dan konvensional.Saran yang diajukanberdasarkantemuanpadasaatpenelitianadalahperlu-nyapemilihanpermasalahansecaratepat aplikasipadamaterilain danpeneli-tianlebihlanjut agar pembelajaran PBL-EG dapatmemaksimalkankemam puan ma-tematissiswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59711

Actions (login required)

View Item View Item