Pengaruh pembelajaran inkuri terbimbing integrasi peer instruction terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis Fisika siswa SMA Negeri 02 Batu / Inung Diah Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran inkuri terbimbing integrasi peer instruction terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis Fisika siswa SMA Negeri 02 Batu / Inung Diah Kurniawati

Kurniawati, Inung Diah (2013) Pengaruh pembelajaran inkuri terbimbing integrasi peer instruction terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis Fisika siswa SMA Negeri 02 Batu / Inung Diah Kurniawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pembelajaran inkuiri terbimbing integrasi peer instruction penguasaan konsep fisika kemampuan berpikir kritis. Salah satu tujuan pembelajaran fisika adalah menguasai konsep dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Salah satu teknik yang dapat membantu siswa untuk mengembangkan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritisnya adalah melalui eksperimen dan diskusi secara peer dalam proses pembelajaran. Pembelajaran inkuiri terbimbing integrasi peer instruction diyakini mampu membuat penguasaan konsep fisika dan kemampuan berpikir kritis menjadi lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Tujuan penewlitian ini adalah mengetahui adanya perbedaan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis fisika siswa yang belajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing integrasi peer instruction pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional dan mengetahui pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing integrasi peer instruction pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional masing-masing terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi-experimental posttest only design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 02 Batu. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dan diperoleh 2 kelas sebagai kelas yang belajar menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing integrasi peer instruction 2 kelas sebagai kelas yang belajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing dan 2 kelas sebagai kelas konvensional. Instrumen penelitian terdiri atas RPP silabus soal penguasaan konsep dan soal kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan uji Manova satu jalur yang dilanjutkan dengan uji LSD. Berdasarkan hasil analisis data ditunjukkan bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis fisika siswa yang menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing integrasi peer instruction pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional. Selanjutnya pembelajaran inkuiri terbimbing integrasi peer instruction lebih baik daripada pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional terhadap penguasaan konsep fisika siswa. Terakhir pembelajaran inkuiri terbimbing integrasi peer instruction lebih baik daripada pembelajaran inkuiri terbimbing dan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis fisika siswa. Hal ini disebabkan karena pada pembelajaran inkuiri terbimbing integrasi peer instruction siswa diasah kemampuan berpikir kritisnya dan dikembangkan penguasaan konsepnya melalui eksperimen dan diskusi secara peer. Disarankan pula perlu diadakan penelitian dengan menggunakan pembelajaran yang sama tetapi untuk materi yang berbeda atau variabel dependen yang berbeda maupun sampel yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jul 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59710

Actions (login required)

View Item View Item