Pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah berbantuan komputer tergadap penguasaan konsep fisika ditinjau dari kemampuan berpikir spasial siswa SMA / Salim Nakhas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah berbantuan komputer tergadap penguasaan konsep fisika ditinjau dari kemampuan berpikir spasial siswa SMA / Salim Nakhas

Nakhas, Salim (2013) Pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah berbantuan komputer tergadap penguasaan konsep fisika ditinjau dari kemampuan berpikir spasial siswa SMA / Salim Nakhas. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci strategi pembelajaran berbasis masalah berbantuan komputer penguasaan konsep fisika kemampuan berpikir spasial Komputer merupakan alat pembelajaran yang dinamis dan menawarkan keragaman pembelajaran interaktif dan berhubungan dengan dunia nyata yang tidak dapat ditiru oleh sarana belajar dalam kelas lainnya. Beberapa referensi menunjukkan bahwa siswa memiliki kemampuan berpikir spasial terhadap suatu materi pelajaran setelah belajar menggunakan bantuan komputer. Media komputer sangat efektif dan efisien siswa akan belajar lebih cepat mudah mengingat dan mudah menguasai materi pelajaran. Oleh karena itu penggunaan komputer dalam pembelajaran berbasis masalah perlu dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah berbantuan komputer terhadap penguasaan konsep fisika ditinjau dari kemampuan berpikir spasial siswa. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan Randomized Postest Only Control Group Design dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian yang digunakan adalah siswa kelas X sebanyak 8 kelas (265 siswa) dengan sampel sebanyak 4 kelas terdiri dari kelas X1 dan X3 sebagai kelas kontrol kelas X2 dan X5 sebagai kelas eksperimen menggunakan cluster random sampling. Instrumen penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir spasial dan tes penguasaan konsep fisika dalam bentuk pilihan ganda. Data hasil tes penguasaan konsep fisika dianalisis menggunakan uji beda Anava dua jalur dan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penguasaan konsep fisika siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah berbantuan komputer lebih tinggi dibandingkan dengan yang belajar menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah tanpa bantuan komputer di kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir spasial tinggi 2) penguasaan konsep fisika siswa yang belajar menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah berbantuan komputer lebih tinggi dibandingkan dengan yang belajar menggunakan strategi pembelajaran berbasis masalah tanpa bantuan komputer di kelompok siswa yang memiliki kemampuan berpikir spasial rendah dan 3) ada interaksi antara strategi pembelajaran berbasis masalah berbantuan komputer dan kemampuan berpikir spasial terhadap penguasaan konsep fisika.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59706

Actions (login required)

View Item View Item