Pengaruh brain based learning terhadap penguasaan konsep fisika ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas X SMAN 3 Madiun / Ida Erma Suryani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh brain based learning terhadap penguasaan konsep fisika ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas X SMAN 3 Madiun / Ida Erma Suryani

Suryani, Ida Erma (2013) Pengaruh brain based learning terhadap penguasaan konsep fisika ditinjau dari kemampuan awal siswa kelas X SMAN 3 Madiun / Ida Erma Suryani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci brain based learning kemampuan awal penguasaan konsep Fisika merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam yang memiliki fakta-fakta menarik untuk dipelajari namun siswa masih memiliki kendala pada proses pembelajaran. Suatu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi kelemahan pembelajaran konvensional tersebut adalah dengan brain based learning. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan penguasaan konsep fisika antara siswa yang belajar dengan brain based learning dan siswa yang belajar dengan konvensional serta interaksi antara metode pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap penguasaan konsep fisika. Jenis penelitian adalah quasi eksperiment dengan postest-only control group design dan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 3 Madiun tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan 4 kelas yaitu 2 kelas eksperimen dan 2 kelas kontrol. Data penelitian berupa hasil tes kemampuan awal dan hasil tes penguasaan konsep. Instrumen yang digunakan terdiri dari instrument perlakuan dan instrument pengukuran. Uji homogenitas dengan uji Levene dan uji normalitas dengan uji Lilliefors pengujian hipotesis menggunakan ANAVA dua jalur dan dilanjutkan uji Tukey s. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Terdapat perbedaan penguasaan konsep fisika antara siswa yang belajar dengan brain based learning dan siswa yang belajar dengan konvensional dengan nilai Fhitung 6 31 Ftabel 3 94 (2) Tidak terdapat interaksi antara kelas (brain based learning dan Konvensional) dengan kemampuan awal siswa terhadap penguasaan konsep fisika dengan nilai Fhitung 2 86 Ftabel 3 94 (3) Penguasaan konsep fisika antara siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi pada kelas brain based learning lebih tinggi daripada siswa yang mempunyai kemampuan awal tinggi pada kelas konvensional dengan nilai Qhitung 10 40 Qtabel 4 02 (4) Penguasaan konsep fisika antara siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah pada kelas brain based learning dan siswa yang mempunyai kemampuan awal rendah pada kelas konvensional dengan nilai Qhitung 5 59 Qtabel 4 02.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Apr 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59705

Actions (login required)

View Item View Item