Efektivitas pembelajaran problem posing berbasis inkuiri terhadap kemampuan bertanya dan prestasi belajar fisika siswa SMAN 1 Situbondo / Siti Andayani - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pembelajaran problem posing berbasis inkuiri terhadap kemampuan bertanya dan prestasi belajar fisika siswa SMAN 1 Situbondo / Siti Andayani

Andayani, Siti (2013) Efektivitas pembelajaran problem posing berbasis inkuiri terhadap kemampuan bertanya dan prestasi belajar fisika siswa SMAN 1 Situbondo / Siti Andayani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Problem Posing berbasis inkuiri kemampuan bertanya prestasi belajar. Ada banyak faktor yang membuat proses pembelajaran menjadi tidak efektif. Diantaranya disebabkan oleh metode belajar dan lingkungan sekitar kurang mendukung sehingga menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa. Pembelajaran yang dapat menciptakan suasana belajar yang aktif diantaranya adalah pembalajaran problem posing dan pembelajaran inkuiri.Tujuan penelitian ini (1) untuk menguji perbedaan kemampuan bertanya dan prestasi belajar fisika antara siswa yang belajar dengan pembelajaran problem posing berbasis Inkuiri dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran Inkuiri. (2) untuk mmenguji keefektifan pembelajaran problem posing berbasis inkuiri dan pembelajaran inkuiri. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian menggunakan Posttest Only Control Group Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Situbondo Tahun Pelajaran 2012/2013. Teknik pemilihan sampel dengan cara simple random sampling dengan alasan jumlah sampel setiap kelas adalah sama. Sampel diambil 2 kelas eksperimen dan 2 kelas kontrol. Tes digunakan untuk mengukur prestasi belajar fisika siswa dan lembar observasi digunakan untuk mengukur kemampuan bertanya siswa. Analisis data menggunakan uji t dan uji Tukey. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan bertanya dan prestasi belajar fisika antara siswa yang belajar dengan pembelajaran problem posing berbasis Inkuiri dengan siswa yang belajar dengan pembelajaran inkuiri dan pembelajaran problem posing berbasis inkuiri lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran inkuiri. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru memilih pembelajaran problem posing berbasis inkuiri dalam rangka peningkatan kualitas pembelajaran fisika dan disarankan pula untuk melakukan penelitian serupa pada materi yang berbeda. Hal ini untuk melihat keefektifan pembelajaran problem posing berbasis inkuiri untuk materi tertentu atau semua materi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59703

Actions (login required)

View Item View Item