Pengembvangan modul belajar fisika berbasis inkuiri untuk menin gkatkan prestasi belajar siswa SMK Teknik / Nur Indah Setyoreni - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembvangan modul belajar fisika berbasis inkuiri untuk menin gkatkan prestasi belajar siswa SMK Teknik / Nur Indah Setyoreni

Setyoreni, Nur Indah (2013) Pengembvangan modul belajar fisika berbasis inkuiri untuk menin gkatkan prestasi belajar siswa SMK Teknik / Nur Indah Setyoreni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci modul fisika inkuiri prestasi belajar SMK teknik. Fisika sebagai salah satu kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan dimaksudkan untuk memperoleh kompetensi lanjut ilmu pengetahuan dan teknologi serta membudayakan berpikir ilmiah secara kritis kreatif dan mandiri. Untuk mencapai tujuan tersebut maka pembelajaran fisika siswa harus secara maksimal. Pembelajaran fisika siswa setiap minggunya hanyalah 2 jam pelajaran. Untuk memaksimalkan penyampaian materi diperlukan bahan ajar yang dapat menunjang proses penyampaian materi dan tujuan pembelajaran fisika. Modul belajar merupakan salah satu bahan ajar yang dapat digunakan siswa secara mandiri. Permasalahan yang timbul adalah belum adanya modul belajar siswa yang dapat digunakan secara mandiri oleh siswa dan dapat membuat siswa berpikir secara kritis dan kreatif. Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar berupa modul belajar berbasis inkuiri untuk meningkatkan prestasi belajar. Model pengembangan yang digunakan sebagai acuan dalam merancang dan mengembangkan modul ini yaitu tahap tahap studi pendahuluan pengembangan dan pengujian. Tahap pendahuluan dilakukan dengan studi pustaka dan survey lapangan. Berdasar beberapa penelitian inkuiri merupakan salah satu pembelajaran yang dapat meningkatkan ketuntasan klasikal. Dari survey lapangan diperoleh data bahwa sumber belajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa SMK masih sangat minim sehingga dibutuhkan suatu bahan ajar yang dapat menunjang pembelajaran siswa secara mandiri. Pada tahap pengembangan (develop) dilakukan serangkaian uji yaitu uji ahli isi pembelajaran oleh dua orang dosen Universitas Negeri Malang program studi pendidikan fisika dan dua orang guru fisika SMK teknik ahli bahasa inggris uji coba kelompok kecil oleh siswa/siswi SMKN 1 Glagah Banyuwangi kelas XI dan uji coba lapangan dengan subjek uji coba siswa/siswi SMKN 1 Glagah Banyuwangi kelas XI Jurusan TKR kelas XI. Jenis data yang diperoleh berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berupa tanggapan dan saran perbaikan sedangkan data kuantitatif diperoleh dari angket tanggapan yang diberikan kepada subjek uji coba data post-test. Teknik analisis data yang digunakan analisis statistik deskriptif dan uji t untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar. Berdasarkan penilaian ahli isi pembelajaran modul pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat layak (3 56). Hasil angket penilaian berdasarkan uji coba kelompok kecil modul hasil pengembangan termasuk dalam kriteria sangat menarik (3 48) berdasarkan hasil tersebut maka modul belajar fisika yang dikembangkan berada dalam kriteria sangat layak. Hasil tersebut diperkuat dengan hasil uji coba lapangan yang menunjukkan perbedaan yang signifikan dengan hasil uji t sebesar 7 86 dengan taraf signifikansi 95%. Dengan demikian modul pembelajaran yang dihasilkan sangat layak dan dapat digunakan sebagai sarana belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Mar 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59702

Actions (login required)

View Item View Item