Pengaruh blended learning terhadap penguasaan konsep dan penalaran fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Batu / Hermawanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh blended learning terhadap penguasaan konsep dan penalaran fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Batu / Hermawanto

Hermawanto (2013) Pengaruh blended learning terhadap penguasaan konsep dan penalaran fisika peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Batu / Hermawanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Teknologi informasi dan komunikasi terus berkembang mempengaruhi bidang pendidikan. E-learning merupakan salah satu model pembelajaran dengan menggunakan media teknologi informasi dan komunikasi khususnya internet. E-learning memiliki banyak kelebihan. Kelebihan itu antara lain meningkatkan interaksi antara guru dan peserta didik melalui media forum memiliki banyak sumber belajar yang up-to-date membuat peserta didik lebih mandiri dan aktif guru dapat memberikan layanan kepada peserta didik tanpa berhadapan langsung dengan peserta didik memberikan pendalaman materi ataupun remedial tidak terbatas oleh waktu pembelajar dapat menentukan kapan saja waktu untuk belajar. Penelitian ini bertujuan 1) Mengetahui pengaruh pembelajaran blended learning terhadap pengguasaan konsep fisika 2) Mengetahui pengaruh pembelajaran blended learning terhadap penalaran fisika. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Penelitian dilaksanakan pada semester gasal Tahun Pelajaran 2012-2013. Rancangan yang digunakan adalah Randomized Posttest only Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Batu. Sampel penelitiannya sebanyak 4 kelas yaitu kelas X-6 dan X-10 sebagai kelas eksperimen kelas X-11 dan X-12 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian ini berupa tes pengguasaan konsep dan penalaran fisika dalam bentuk pilihan ganda. Sebelum instrumen digunakan terlebih dahulu dilakukan uji coba untuk mengetahui daya beda tingkat kesukaran validitas dan reliabilitas. Pengumpulan data pengguasan konsep dan penalaran menggunakan posttest. Analisis data menggunakan analisis diskriptif dan uji t kemudian dilanjutkan dengan uji Tukey. Sebelum dilakukan uji statistik dilakukan uji prasyarat analisis yaitu normalitas dan homogenitas. Berdasarkan analisis data dan pembahasan hasil penelitian dirumuskan kesimpulan sebagai berikut. 1) Ada pengaruh pembelajaran blended learning terhadap penguasaan konsep fisika 2) Ada pengaruh pembelajaran blended learning terhadap penalaran fisika. Pembelajaran blended learning dapat meningkatkan penguasaan konsep fisika dan penalaran fisika. Pembelajaran Blended learning melatih peserta didik untuk mandiri aktif serta efektif dan efisien. Kata Kunci blended learning penguasaan konsep fisika penalaran fisika.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59701

Actions (login required)

View Item View Item