Pengaruh model pembelajan Formulate Share Listen Create ( FSLC ) terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII MTs An Nur Bululawang / Romli Shodikin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajan Formulate Share Listen Create ( FSLC ) terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII MTs An Nur Bululawang / Romli Shodikin

Shodikin, Romli (2013) Pengaruh model pembelajan Formulate Share Listen Create ( FSLC ) terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII MTs An Nur Bululawang / Romli Shodikin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Formulate-share-listen-create kemampuan berpikir kreatif prestasi belajar Fisika merupakan bagian dari ilmu pengetahuan alam yang memiliki fakta-fakta menarik untuk dipelajari namun masih memiliki kendala pada proses pengajarannya. Kondisi ini disebabkan oleh kecenderungan guru untuk mengkomunikasikan fisika dengan cara menyampaikan informasi pada siswa serta cara pandang yang kurang tepat tentang kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) pengaruh model pembelajaran FSLC terhadap prestasi belajar siswa ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif (2) ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran yang digunakan dan kemampuan berpikir kreatif terhadap prestasi belajar (3) perbedaan prestasi belajar siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kreatif tinggi jika belajar dengan model pembelajaran FSLC dibandingkan yang belajar dengan konvensional (4) perbedaan hasil belajar siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kreatif rendah jika belajar dengan model pembelajaran FSLC dibandingkan dengan konvensional. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif kuasi eksperimen. Desain penelitian yang digunakan yaitu two groups postest design eksperimen yang dilakukan pada dua kelompok dengan satu kelompok pembanding. Data penelitian berupa hasil tes prestasi dan tes kemampuan berpikir kreatif diperoleh dari siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis variasi dua jalur yang diambil dari tes prestasi belajar serta kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran FSLC sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar. Siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi cenderung mendapatkan prestasi lebih tinggi pula jika belajar dengan menggunakan model pembelajaran FSLC. Hal ini yang menjadi salah satu solusi bagi guru mata pelajaran ketika menyampaikan materi pembelajaran. Guru tidak hanya sekedar menyampaikan materi namun harus memperhatikan metode yang digunakan. Karena metode sangat berpengaruh bagi penguasaan materi oleh siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59697

Actions (login required)

View Item View Item