Winoto, Agus (2013) Efektifitas model pembelajaran hipotetik deduktif terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep fisika pada materi keseimbangan benda tegar / Agus Winoto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Pembelajaran Hipotetik Deduktif Keterampilan Proses Sains Pengusaan Konsep Fisika. Pembelajaran fisika yang diharapkan adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa dan membuat siswa untuk menjalani suatu proses bagaimana pe-ngetahuan ditemukan serta dapat menemukan hubungan yang sangat bermakna antara ide-ide abstrak dengan penerapan praktis di dalam konteks dunia nyata sehingga pelajaran fisika tidak hanya sebagai kumpulan rumus dan fakta yang harus dihafalkan oleh siswa. Dalam proses pembelajaran diharapkan siswa tidak hanya bergantung pada buku pegangan guru saja sehingga hal ini dapat mengembangkan sejumlah keterampilan untuk memecahkan masalah dengan menggunakan pola keterampilan proses sains. Dengan pembelajaran hipotetik deduktif diyakini dapat meningkatkan keterampilan proses sains dan penguasaan konsep fisika siswa. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran hipotetik deduktif terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep fisika. Penelitian dirancang menggunakan quasi experiment dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Boyolangu Tulungagung. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Dari populasi diambil 2 kelas sebagi sampel penelitian 1 kelas digunakan sebagai kelas eksperimen yang belajar dengan pembelajaran hipotetik deduktif dan 1 kelas sebagai kelas kontrol yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Uji validitas dan reliabilitas instrument penelitian dihasilkan r 0 93 untuk instrument keterampilan proses sains dan penguasaan konsep fisika. Pengumpulan data dilakukan dengan pos test instrument keterampilan proses sains dan penguasaan konsep fisika terhadap satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol. Sebelum diuji hipotesis terlebih dahulu data diuji dengan uji prasyarat analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data dilakukan dengan uji t dan uji tukey. Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) Keterampilan proses sains siswa yang menggunakan pembelajaran hipotetik deduktif lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. (2) Penguasaanan Konsep fisika siswa yang menggunakan pembelajaran hipotetik deduktif lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 31 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59696 |
Actions (login required)
View Item |