Pengaruh strategi project based learning dengan thinkquest terhadap kemampuan berpikir kritis fisika siswa SMA Negeri 1 Kraksaan / Eny Susanawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi project based learning dengan thinkquest terhadap kemampuan berpikir kritis fisika siswa SMA Negeri 1 Kraksaan / Eny Susanawati

Susanawati, Eny (2013) Pengaruh strategi project based learning dengan thinkquest terhadap kemampuan berpikir kritis fisika siswa SMA Negeri 1 Kraksaan / Eny Susanawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Susanawati Eny. 2013. Pengaruh Strategi Project Based Learning dengan ThinkQuest terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Siswa SMAN 1 Kraksaan. Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Markus Diantoro M.Si. (II) Dr. Lia Yuliati M.Pd. Kata Kunci Project Based Learning ThinkQuest kemampuan berpikir kritis fisika siswa Kemampuan yang diperlukan pada abad pengetahuan sekarang ini adalah kemampuan berpikir kritis. Pembelajaran di sekolah kurang bermakna sehingga masih banyak siswa yang pasif kurang inisiatif dan kurang kreatif dalam berpikir. Pengembangan kemampuan berpikir kritis membantu siswa dalam membuat keputusan dan menyelesaikan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh strategi project based learning dengan ThinkQuest terhadap kemampuan berpikir kritis fisika siswa dibandingkan dengan project based learning tanpa ThinkQuest. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen Postest Only Control Group Design . Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XII IPA SMAN 1 Kraksaan tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini dipilih berdasarkan teknik random sampling. Satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas sebagai kelas control. Data penelitian berupa skor tes uraian kemampuan berpikir kritis fisika siswa pada materi induksi elektromagnet dan rubrik penilaian autentik. Data dianalisis dengan uji normalitas uji homogenitas dan uji efektivitas dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan project based learning dengan menggunakan ThinkQuest lebih efektif dibandingkan dengan project based Learning tanpa ThinkQuest. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru fisika menggunakan project based learning dengan ThinkQuest karena telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis fisika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59695

Actions (login required)

View Item View Item