Pengaruh strategi problem based learning berbasis ICT terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangil / Dwi Irwa Marini - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi problem based learning berbasis ICT terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangil / Dwi Irwa Marini

Marini, Dwi Irwa (2013) Pengaruh strategi problem based learning berbasis ICT terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah fisika siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangil / Dwi Irwa Marini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Marini D. I. 2012 Pengaruh Strategi Problem Based Learning Berbasis ICT terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bangil. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H.Arif Hidayat M.Si. (II) Dr. Sentot Kusairi M.Si. . Kata Kunci strategi PBL berbasis ICT pemahaman konsep fisika kemampuan pemecahan masalah Guru fisika harus mengembangkan pembelajaran yang kontekstual dan mendidik siswa untuk mengembangkan informasi dan keterampilan dalam memecahkan masalah. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa pembelajaran fisika di kelas masih menghadapi masalah seperti kurangnya pemahaman konsep siswa pembelajaran dengan metode tradisional tidak kontekstual dan guru yang tidak melatihkan kemampuan pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah menguji perbedaan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi PBL berbasis ICT dan strategi PBL. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangil semester 1 tahun pelajaran 2012-2013 sejumlah 323 siswa dalam 9 kelas. Sampel penelitiannya 72 siswa yang terbagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan teknik pemilihan acak. Instrumen yang digunakan adalah butir soal pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah berbentuk tes uraian. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Analisis data menggunakan MANOVA. Pengujian hipotesis dilakukan pada taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi PBL berbasis ICT dan strategi PBL (2) terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi PBL berbasis ICT dan strategi PBL. Saran berdasarkan penelitian ini adalah (1) guru diharapkan mampu berperan aktif sebagai fasilitator dalam kerja kelompok diskusi kelompok dan diskusi kelas kegiatan eksperimen serta mengaitkan antara masalah yang dimunculkan dengan materi pelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang telah dibuat (2) diperlukan adanya pengembangan strategi PBL berbasis ICT yang dilakukan oleh guru secara berkesinambungan seiring dengan berkembangnya ICT .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59693

Actions (login required)

View Item View Item