Efektifitas pembelajaran inkuiri terbimbing dengan diagram Vee terhadap kemampuan metakognitif dan pemahaman konsep siswa / Faninda Novika Pertiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektifitas pembelajaran inkuiri terbimbing dengan diagram Vee terhadap kemampuan metakognitif dan pemahaman konsep siswa / Faninda Novika Pertiwi

Pertiwi, Faninda Novika (2013) Efektifitas pembelajaran inkuiri terbimbing dengan diagram Vee terhadap kemampuan metakognitif dan pemahaman konsep siswa / Faninda Novika Pertiwi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pertiwi Faninda Novika. 2012. Efektivitas Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Diagram Vee terhadap Kemampuan Metakognitif dan Pemahaman Konsep Siswa. Tesis Jurusan Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Wartono M.Pd. (II) Dr. Sentot Kusairi M.Si. Kata Kunci inkuiri terbimbing Diagram Vee kemampuan metakognitif pemahaman konsep Pembelajaran fisika yang dilakukan di kelas hendaknya bermakna. Pembelajaran yang bermakna dapat dilakukan dengan inkuiri. Salah satu jenis inkuiri yang sering digunakan adalah inkuiri terbimbing. Pada inkuiri terbimbing guru memberikan bimbingan kepada siswa mulai dari merumuskan masalah hingga membuat kesimpulan sehingga siswa merasa diperhatikan tetapi hal ini menimbulkan kelemahan yaitu karena masalah berasal dari guru belum tentu siswa langsung dapat mengerti apa yang diinginkan guru. Suatu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi kelemahan pembelajaran inkuiri terbimbing tersebut adalah menggabungkannya dengan Diagram Vee. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menguji keefektifan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan Diagram Vee terhadap kemampuan metakognitif siswa dan (2) menguji keefektifan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan pemahaman konsep siswa. Jenis penelitian ini adalah Quasi eksperiment dengan desain Posttes-Only Control Group Design. Penelitian dilakukan di SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo pada semester gasal tepatnya bulan September sampai Oktober 2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo tahun pelajaran 2012/2013. Sampel yang digunakan adalah dua kelas yang dipilih secara acak dengan mengundi kelas yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan metakognitif maupun pemahaman konsep siswa pada kelas yang mengalami pembelajaran inkuiri terbimbing dengan Diagram Vee lebih tinggi daripada kelas yang mengalami pembelajaran inkuiri terbimbing tanpa Diagram Vee. Hasil analisis yang dilakukan dengan menggunakan Uji t dan Uji Tukey juga menunjukkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing dengan Diagram Vee terbukti efektif terhadap kemampuan metakognitif dan pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jan 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59692

Actions (login required)

View Item View Item