Pengaruh kolaboratif variasi tugas terhadap kemampuan kognitif peserta didik pada matakuliah fisika dasar 1 / Sutarman - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kolaboratif variasi tugas terhadap kemampuan kognitif peserta didik pada matakuliah fisika dasar 1 / Sutarman

Sutarman (2012) Pengaruh kolaboratif variasi tugas terhadap kemampuan kognitif peserta didik pada matakuliah fisika dasar 1 / Sutarman. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keywords Kemampuan kognitif open ended problem close ended problem Tujuan penelitian ini adalah (1) membandingkan kemampuan kognitif peserta didik dalam pembelajaran kolaboratif tugas open ended problemdanclose ended problem pada matakuliah Fisika Dasar I (2) membandingkan kemampuan kognitif pada peserta didik level tinggi antara yang diberi tugas open ended problem dan yang diberi tugas close ended problem pada matakuliah Fisika Dasar I (4) membandingkan kemampuan kognitif pada peserta didik level rendah antara yang diberi tugas open ended problem dan yang diberi tugas close ended problem pada matakuliah Fisika Dasar I.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimen kuasidengan desain penelitian ANAVA 2x2 faktorial. Populasi penelitian adalah peserta didik Jurusan Fisika angkatan tahun 2011/2012. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Kelas eksperimen mendapat perlakuan tugas open ended problem dan kelas kontrol mendapat tugas close ended problem. Instrumen perlakuan yang dikembangkan adalah Satuan Acara Perkuliahan (SAP) dan Tugas-tugas open dan close ended. Instrumen pengukuran adalah instrumen kemampuan kognitif. Instrumen diujicobakan untuk menguji validitas dan reliabelitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik parametrik ANAVA dua jalur dan Uji-t.Hasil penelitian menunjukkan temuantemuan sebagai berikut. (1) pembelajaran kolaboratif dengan tugas open ended problemcenderung lebih baikuntuk meningkatkan kemampuan kognitif dari pada tugas closed ended problem pada matakuliah Fisika Dasar I. (2) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan kognitif bagi peserta didik level tinggi antara yang diberi tugas open ended problemdan closed ended problem pada matakuliah Fisika Dasar I. (3) Terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan kognitif bagi peserta didik level rendah antara yang diberi tugas open ended problem dan yang diberi tugas close ended problempada matakuliah Fisika DasarI.(4) Pemberian variasi tugas open ended problem dan close ended problemtidak berpengaruh terhadap perbedaan level kemampuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59691

Actions (login required)

View Item View Item