Pengaruh pendekatan genius learning berbasis kerja ilmiah terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari pengetahuan awal siswa SMP Negeri 13 Balikpapan tahun 2012 / Suliyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendekatan genius learning berbasis kerja ilmiah terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari pengetahuan awal siswa SMP Negeri 13 Balikpapan tahun 2012 / Suliyono

Suliyono (2012) Pengaruh pendekatan genius learning berbasis kerja ilmiah terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari pengetahuan awal siswa SMP Negeri 13 Balikpapan tahun 2012 / Suliyono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci strategi genius learning berbasis kerja ilmiah prestasi belajar pengetahuan awal Penguasaan siswa terhadap konsep-konsep fisika akan lebih baik apabila pendidik menerapkan strategi pembelajaran yang dapat membuat siswa lebih aktif dan termotivasi namun tetap mempertahankan konstrukivis. Pendekatan Genius Learning Berbasis Kerja Ilmiah diyakini mampu menjawab tuntutan perkembangan pendidikan dan mempermudah siswa dalam mempelajari konsepkonsep fisika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji prestasi belajar siswa yang belajar dengan Pendekatan Genius Learning Berbasis Kerja Ilmiah dan pembelajaran konvensional. Langkah-langkah Genius Learning terdiri dari (1) Menciptakan Suasana Kondusif (2) Menghubungkan (3) Membuat Gambaran Besar (4) Menetapkan Tujuan (5) Melakukan Eksplorasi (6) Melakukan Aktivasi (7) Melakukan Demonstrasi dan (8) Meninjau Ulangi dan Memantapkan. Sebelum pembelajaran dimulai memastikan lingkungan belajar kondusif yang merupakan tahap pertama dimana siswa terbebas dari setiap rasa takut. Setelah itu pada tahap berikutnya dilanjutkan dengan materi yang lalu yang berkaitan dengan materi yang dipelajari. Guru menjelaskan tujuan pembelajaran tersebut lalu menginstruksikan siswa untuk mengisi bagian target dan tugas yang telah tercantum dalam goal setting. Siswa akan melakukan kegiatan pembelajaran dengan bimbingan dari guru. Pelaksanaan langkah-langkah kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan daya ingat siswa. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen kuasi yaitu kelas eksperimen dengan Pendekatan Genius Learning Berbasis Kerja ilmiah dan kelas konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri atas tes pengetahuan awal dan prestasi belajar fisika serta instrumen perlakuan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Uji prasyarat normalitas data dan homogenitas varian dilakukan sebelum pengujian hipotesis. Uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas varian menggunakan uji Bartlett. Pengujian hipotesis menggunakan ANAVA dua jalur dan dilanjutkan uji Tukey. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar siswa yang melalui pembelajaran konvensional dan Pendekatan Genius Lerning Berbasis Kerja Ilmiah. Pendekatan Genius Learning Berbasis Kerja Ilmiah pada siswa lebih tinggi prestasi belajarnya dari pada siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Genius Learning Berbasis Kerja Ilmiah dapat memberikan peningkatan prestasi belajar siswa lebih tinggi dari pada siswa yang belajar dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59690

Actions (login required)

View Item View Item