Persepsi guru tentang penilaian autentik pada kurikulum 2013 di SD se-kecamatan Jombang Kabupaten Jombang / Mohammad Iwan Ulil Abshor - Repositori Universitas Negeri Malang

Persepsi guru tentang penilaian autentik pada kurikulum 2013 di SD se-kecamatan Jombang Kabupaten Jombang / Mohammad Iwan Ulil Abshor

Abshor, Mohammad Iwan Ulil (2015) Persepsi guru tentang penilaian autentik pada kurikulum 2013 di SD se-kecamatan Jombang Kabupaten Jombang / Mohammad Iwan Ulil Abshor. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Abshor Mohammad Iwan Ulil. 2015. Persepsi Guru tentang Penilaian Autentik pada Kurikulum 2013 di SD Se-Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Rumidjan M.Pd (II) Dra. Harti Kartini M.Pd. Kata Kunci persepsi penilaian autentik kurikulum 2013. Berdasarkan penelitian sebelumnya ditemukan bahwa pelaksanaan penilaian autentik belum maksimal. Karena guru masih kesulitan dalam melaksanakan penilaian autentik. Hal yang sama juga dialami guru di SDN Ngusikan dan SDN Cupak yang menyatakan bahwa penilaian autentik lebih sulit dari KTSP. Dari beberapa respon tersebut maka perlu diadakan penelitian mengenai penilaian autentik pada kurikulum 2013 di SD se-Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikan persepsi guru tentang konsep penilaian autentik (2) mendeskripsikan persepsi guru tentang penilaian kinerja (3) mendeskripsikan persepsi guru tentang penilaian proyek (4) mendeskripsikan persepsi guru tentang penilaian portofolio mendeskripsikan persepsi guru tentang penilaian tertulis. Rancangan penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu semua guru kelas I II IV dan V di SD yang masih melaksanakan kurikulum 2013 se-Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang yaitu sebanyak 54 guru yang tersebar di 7 SD. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel total yaitu semua anggota populasi ditetapkan menjadi sampel. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu kuesioner tertutup. Kegiatan analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Hasil penelititan dapat dipaparkan sebagai berikut. (1) persepsi guru tentang konsep penilaian autentik diperoleh persentase 61.4% termasuk dalam kategori cukup (2) persepsi guru tentang penilaian kinerja diperoleh persentase 63.1% termasuk dalam kategori cukup (3) persepsi guru tentang penilaian proyek diperoleh persentase 68.42% termasuk dalam kategori cukup (4) persepsi guru tentang penilaian portofolio diperoleh persentase 59.25% termasuk dalam kategori kurang (5) persepsi guru tentang penilaian tertulis diperoleh persentase 61.6% termasuk dalam kategori cukup. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa persepsi guru tentang penilaian autentik pada kurikulum 2013 di SD se-Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang termasuk dalam kategori cukup. Sebaiknya Dinas Pendidikan Kabupaten Jombang memberi pelatihan yang lebih maksimal kepala sekolah membina guru lebih maksimal guru lebih banyak menggali informasi mengenai penilaian autentik terutama pada penilaian portofolio sebaiknya peneliti lain lebih memperbanyak pernyataan pada intrumen penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/5969

Actions (login required)

View Item View Item