Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap penguasaan konsep fifika ditinjau dari keterampilan generik sains mahasiswa calon guru IPA FMIPA Universitas Negeri Malang / Sumarjono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap penguasaan konsep fifika ditinjau dari keterampilan generik sains mahasiswa calon guru IPA FMIPA Universitas Negeri Malang / Sumarjono

Sumarjono (2012) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap penguasaan konsep fifika ditinjau dari keterampilan generik sains mahasiswa calon guru IPA FMIPA Universitas Negeri Malang / Sumarjono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci model pembelajaran berbasis masalah keterampilan generik sains penguasaan konsep fisika. Dunia pendidikan di Indonesia telah menunjukkan adanya pemikiran kearah untuk memajukan sumberdaya manusia. Sumberdaya manusia yang me-miliki posisi penting adalah guru. Sebagai calon guru IPA sudah seharusnya me-miliki penguasaan IPA yang baik termasuk di dalamnya penguasaan konsep fisika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh model pembela-jaran berbasis masalah (PBM) terhadap penguasaan konsep fisika ditinjau dari keterampilan generik sains mahasiswa calon guru IPA FMIPA Universitas Negeri Malang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi dengan mengguna kan dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen adalah kelompok mahasiswa yang belajar dengan model PBM dan kelompok kontrol adalah kelompok mahasiswa yang belajar dengan model kon-vensional. Kedua kelompok tersebut digolongkan dalam dua katagori yaitu kata-gori keterampilan generik sains tinggi dan katagori keterampilan generik sains rendah. Desain penelitian yang digunakan adalah desain faktorial sederhana 2x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa peserta matakuliah Materi IPA SMP II Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang semester genap tahun 2012. Penelitian ini menggunakan tiga instrumen yaitu instrumen perlakuan instrumen tes keterampilan generik sains dan instrumen tes penguasaan konsep fisika. Data dikumpulkan dengan teknik tes dan dianalisis dengan ANAVA dua jalan dan uji lanjut Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep fisika kelompok mahasiswa yang belajar dengan model PBM berbeda dengan kelompok mahasis wa yang belajar dengan model konvensional. Terdapat interaksi antara model PBM dan keterampilan generik sains terhadap penguasaan konsep fisika. Kelom pok mahasiswa yang memiliki keterampilan generik sains tinggi jika belajar dengan model PBM memiliki penguasaan konsep fisika lebih tinggi daripada jika belajar dengan model konvensional. Kelompok mahasiswa yang memiliki kete rampilan generik sains rendah jika belajar dengan model PBM memiliki penguasaan konsep fisika lebih rendah daripada jika belajar dengan model konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59688

Actions (login required)

View Item View Item