Pengembangan bahan ajar dengan menggunakan learning management system moodle untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran fisika di SMA Negeri 4 Malang / Thomas Hari Kartono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar dengan menggunakan learning management system moodle untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran fisika di SMA Negeri 4 Malang / Thomas Hari Kartono

Kartono, Thomas Hari (2012) Pengembangan bahan ajar dengan menggunakan learning management system moodle untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada mata pelajaran fisika di SMA Negeri 4 Malang / Thomas Hari Kartono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis Program Studi Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof.Dr. Arif Hidayat M.Si (II) Dr. Sentot Kusairi M.Si. Kata Kunci Bahan ajar e-learning berpikir kritis Moodle Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas dalam proses pembelajaran jarang menggunakan media bahan ajar interaktif. Siswa cenderung kurang mandiri dalam belajar. Padahal idealnya pelajaran disampaikan dengan pendekatan yang berpusat pada siswa. Pembelajaran yang aktif diharapkan potensi dan kemampuan siswa akan berkembang diantaranya kemampuan berpikir kritis. Pengembangan bahan ajar dengan menggunakan Learning Managemetn System(LMS) merupakan suatu sistem pengelolaan pembelajaran secara online yang menuntut keaktifan dan kemandirian siswa dalam belajar seperti dalam download bahan ajar upload tugas pengamatan animasi applet maupun test online. LMS Moodle dipandang sebagai salah satu alternatif solusi dalam memperbaiki proses pembelajaran fisika sehingga pada penelitian ini penulis mengembangkan bahan ajar termodinamika untuk meningkatkan ketrampilan berpikir kritis siswa yang bisa berjalan lancar. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Obyek penelitian adalah guru dan siswa kelas XI SMA Negeri 4 Malang tahun pelajaran 2011/2012. Adapun langkah-langkah penelitian dan pengembangan bahan ajar menggunakan LMS moodle terdiri atas tiga tahap yakni studi pendahuluan perencanaan dan pengembangan model dan uji lapangan model. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni kuosioner wawancara observasi dan test. Data dianalisis dengan menggunakan bantuan progam SPSS 13 dengan metode uji Kolmogorov Smirnov (normalitas) Mann-Whitne(rata-rata pretest dan postest) dan Wilcoxon (Perbedaan berpikir kritis pretest dan postest) Hasil penelitian sebagai berikut 1) studi pendahuluan pembelajaran masih sangat tergantung pada penjelasan guru media yang digunakan masih terbatas pada buku dan LKS serta pembelajaran fisika yang masih kurang menekankan pada kemampuan berpikir kritis siswa 2) hasil perencanaan dan pengembangan bahan ajar menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan berdasarkan model Borg and Gall yang disederhanakan oleh Sukmadinata serta validasi ahli sudah mencukupi dan dapat diujicobakan untuk meningkatkan ketrampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Fisika 3) hasil ujicoba lapangan menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antar pretest-postest kelas kontrol dan kelas eksperimen ketrampilan berpikir kritis menunjukan adanya peningkatan berpikir kritis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59687

Actions (login required)

View Item View Item