Pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap prestasi belajar fisika dasar II ditinjau dari kerja ilmiah dan sikap ilmiah mahasiswa Program Pendidikan Fisika-FMIPA Universitas Negeri Malang / Eddy Supramono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap prestasi belajar fisika dasar II ditinjau dari kerja ilmiah dan sikap ilmiah mahasiswa Program Pendidikan Fisika-FMIPA Universitas Negeri Malang / Eddy Supramono

Supramono, Eddy (2012) Pengaruh model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap prestasi belajar fisika dasar II ditinjau dari kerja ilmiah dan sikap ilmiah mahasiswa Program Pendidikan Fisika-FMIPA Universitas Negeri Malang / Eddy Supramono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci PBM prestasi kerja ilmiah sikap ilmiah Kuliah teori Fisika Dasar cenderung berupa in formasi dosen cenderung menuntaskan materi yang ada pada silabi. Pembelajaran yang demikian menye-babkan adanya pemahaman yang keliru pada mahasiswa tentang peme cahan ma-salah dalam fisika yang hanya mengutamakan produk tidak menekankan proses ilmiah akibatnya mahasiswa meng alami kesulitan belajar dalam menguasai konsep fisika. Indikator kesulitan mahasiswa ditunjukkan dengan perolehan nilai pada akhir semester yang terbilang masih cukup rendah maka perlu pembenahan pembelajaran Fisika Dasar khususnya Fisika Dasar II. Penelitian ini bertujuan menguji perbedaan prestasi belajar mahasiswa pada penerapan model PBM ditinjau dari kerja ilmiah dan sikap Ilmiah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Quasy Experi mentation (semi eksperimen) dengan desain faktorial yang meng gunakan dua faktor dan masing-masing faktor menggunakan dua katagori. Populasi penelitian yang digunakan adalah seluruh mahasiswa se mes ter 2 angkatan 2011-2012 sebanyak 6 kelas. Sampel penelitian yang di am bil sebanyak 2 kelas dengan masing-masing kelas terdiri 36 mahasiswa secara purposive sampling. Selanjutnya dari 2 kelas diambil 1 kelas sebagai kelas eksperimen (PBL) 1 kelas sebagai kelas kontrol (konvensional) dengan teknik undian. Intrumen tes prestasi berupa soal pilihan ganda sebanyak 25 butir soal yang telah melewati uji validitas dengan menggunakan responden sebanyak 87 mahasiswa angkatan 2010 dan 2011. Selanjutnya Reliabilitas instrumen dicari dengan menggunakan KR 20 didapatkan 0 71 yang termasuk kriteria tinggi. Uji hipotesis dilakukan dengan statistik Anava Dua Jalur. Instrumen tes kerja ilmiah dan skala sikap ilmiah yang digunakan sebagai variabel moderator telah divalidasi oleh dua orang pakar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan prestasi kerja ilmiah tinggi kelas eksperimen dengan kontrol tetapi tidak signifikan ditunjukkan dari harga Fh Ft (18 62 4 06) dan Qh lebih kecil Qt (1 05 Ft (11 56 4 06) dan harga Tukey 7 58 yang lebih besar dari Qt (7 58 4 20). Dengan cara yang sama didapatkan bahwa tidak terdapat perbedaan prestasi belajar mahasiswa sikap ilmiah tinggi antara kelas eksperimen dengan konvensional dan juga tidak terdapat perbedaan prestasi belajar mahasiswa sikap ilmiah rendah antara kelas eksperimen dengan konvensional pada materi Optika-Geometrik dengan adanya hasil Qh Qt (7 71 4.20). Interaksi terjadi antara model pembelajaran dengan prestasi belajar mahasiswa ditinjau dari kerja ilmiah Fh Ft (10 68 4 06) dan sikap ilmiah Fh Ft (5 771 4 06) atau terjadi interaksi antara faktor kolom dan baris.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59686

Actions (login required)

View Item View Item