Pengaruh pembelajaran pemodelan terhadap hasil belajar ditin jau dari kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Negeri 3 Balikpapan / Erna Suswati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran pemodelan terhadap hasil belajar ditin jau dari kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Negeri 3 Balikpapan / Erna Suswati

Suswati, Erna (2012) Pengaruh pembelajaran pemodelan terhadap hasil belajar ditin jau dari kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMA Negeri 3 Balikpapan / Erna Suswati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pembelajaran pemodelan hasil belajar kemampuan berpikir kreatif Pembelajaran pemodelan memungkinkan siswa belajar melalui tiruan benda yang mirip aslinya. Dengan tiruan benda asli siswa lebih mudah memahami prinsip kerja sehingga siswa yang belajar dengan metode pemodelan diyakini memperoleh hasil belajar yang lebih baik dibandingkan siswa yang belajar secara konvensional. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji besarnya perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan metode pemodelan dengan siswa yang belajar secara konvensional (2) menguji adanya interaksi antara metode pemodelan dengan kemampuan berpikir kreatif siswa. (3) menguji adanya perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif tinggi yang belajar dengan metode pemodelan dengan yang belajar secara konvensional. (4) menguji adanya perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif rendah yang belajar dengan metode pemodelan dengan yang belajar secara konvensional. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi experiment dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Balikpapan. Sampel penelitian ini sebanyak 4 kelas yang diambil secara acak. Dari 4 kelas sampel tersebut 2 kelas sebagai kelas eksperimen yang belajar dengan metode pemodelan dan 2 kelas sebagai kelas kontrol yang belajar dengan pembelajaran konvensional (tradisional). Sebelum penelitian dilakukan peneliti mengukur kemampuan awal siswa dari nilai ulangan umum semester ganjil bidang studi fisika untuk diuji homogenitas dan normalitas agar kelompok eksperimen dan kelompok kontrol benar benar memiliki kemampuan awal yang hampir sama. Peneliti juga melakukan validasi dan uji coba instrumen. Instrumen berupa instrumen hasil belajar instrumen berpikir kreatif dan instrumen perangkat pembelajaran. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan metode pemodelan dengan siswa yang belajar secara konvensional dengan Fhitung (14 376) 945 (0 05) ( 2) Ada interaksi antara metode pemodelan dengan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan Fhitung (16 118) Ftabel 3 94 (3) Ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif tinggi yang belajar dengan metode pemodelan dengan yang belajar secara konvensional dengan Qhitung (7 806) Qtabel (3 92) (4) Ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki tingkat kemampuan berpikir kreatif rendah yang belajar dengan metode pemodelan dengan yang belajar secara konvensional dengan Qhitung (0 223) Qtabel (3 92).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59685

Actions (login required)

View Item View Item