Pengaruh model blended learning terhadap pemahaman konsep ditinjau dari penalaran formal siswa kelas X SMA Negeri 1 Balikpapan / Mujiyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model blended learning terhadap pemahaman konsep ditinjau dari penalaran formal siswa kelas X SMA Negeri 1 Balikpapan / Mujiyanto

Mujiyanto (2012) Pengaruh model blended learning terhadap pemahaman konsep ditinjau dari penalaran formal siswa kelas X SMA Negeri 1 Balikpapan / Mujiyanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci model blended learning pemahaman konsep penalaran formal. Salah satu kelebihan model blended learning dibandingkan model pembelajaran yang lain adalah siswa mempunyai lebih banyak waktu belajar di bawah bimbingan guru. Pelaksanaan model blended learning di SMA Negeri 1 Balikpapan belum memperoleh hasil yang memuaskan terbukti dari rata-rata nilai mata pelajaran Fisika yang masih rendah. Hal ini membuktikan siswa belum memahami konsep-konsep Fisika. Fisika adalah mata pelajaran yang memerlukan penalaran sehingga siswa perlu pendamping belajar dalam memahami konsep. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Menguji perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang belajar menggunakan model blended learning dengan siswa yang belajar secara konvensional (2) Menguji interaksi antara model pembelajaran dengan tingkat penalaran formal siswa (3) Menguji perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang belajar blended learning dengan siswa yang belajar konvensional ditinjau dari kemampuan penalaran formal tinggi (4) Menguji perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang belajar blended learning dengan siswa yang belajar konvensional ditinjau dari kemampuan penalaran formal rendah Untuk menjawab permasalahan di atas penelitian ini dilakukan dengan rancangan quasi experiment dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Balikpapan. Sampel penelitian ini sebanyak 4 kelas yang diambil secara acak. Dari 4 kelas sampel tersebut 2 kelas sebagai kelas eksperimen yang belajar dengan model blended learning dan 2 kelas sebagai kelas kontrol yang belajar dengan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang belajar dengan model blended learning dengan siswa yang belajar secara konvensional dengan Fhitung (19 437) Ftabel (3 940) (2) Tidak ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dengan tingkat penalaran formal siswa dengan Fhitung 0 010 Ftabel 3 94 (3) Terdapat perbedaan pemahaman konsep antara siswa yang memiliki penalaran formal tinggi dengan siswa yang memiliki penalaran formal rendah dengan Fhitung (18 109) Ftabel (3 940) (3)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59683

Actions (login required)

View Item View Item