Meita, Nisfil Maghfiroh (2012) Pengaruh strategi pembelajaran React terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 7 Malang / Nisfil Maghfiroh Meita. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Strategi REACT prestasi belajar fisika keterampilan proses sains Pembelajaran konvensional perlu dialihkan ke pembelajaran dengan pendekatan konstruktivis untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Strategi REACT merupakan pembelajaran konstruktivis yang dikolaborasikan dengan pembelajaran kooperatif sehingga siswa dapat mengkonstruk pengetahuan dan dapat bekerja sama dalam proses pembelajaran. Selain menilai prestasi belajar siswa guru sebaiknya juga mengembangkan penilaian keterampilan siswa seperti penilaian keterampilan proses sains. Penelitian dilaksanakan dengan tujuan 1) mengetahui pengaruh strategi REACT dan pembelajaran konvensional terhadap prestasi belajar fisika 2) mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan keterampilan proses sains terhadap prestasi belajar fisika 3) mengetahui pengaruh strategi REACT terhadap prestasi belajar fisika siswa yang memiliki keterampilan proses sains tinggi dan 4) mengetahui pengaruh strategi REACT terhadap prestasi belajar fisika siswa yang memiliki keterampilan proses sains rendah. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 7 Malang dan diterapkan pada siswa kelas X yang terdiri atas 2 kelas eksperimen dan kontrol. Desain penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuasi-eksperimen. Kelas eksperimen dan kontrol masing-masing terdiri atas 78 siswa. Sampel yang digunakan pada penelitian melibatkan 33 3 % siswa dengan keterampilan proses sains tinggi dan 33 3 % dengan keterampilan proses sains rendah. Jumlah sampel yang digunakan adalah 104 siswa. Data keterampilan proses sains dinilai dengan menggunakan lembar observasi. Komponen penilaiannya terdiri atas 1) bereksperimen 2) mengukur 3) membuat tabel 4) memeperoleh data 5) memproses data dan 6) membuat kesimpulan. Data prestasi belajar diperoleh dari nilai tes 20 soal pilihan ganda. Ranah kognitif yang digunakan adalah C1s/d C4 taksonomi Bloom. Analisis data terdiri atas uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas) dan uji hipotesis (uji ANAVA 2 jalur dan uji Tukey). Hasil penelitian adalah 1) prestasi belajar fisika siswa yang belajar dengan strategi REACT lebih tinggi daripada siswa yang belajar secara konvensional 2) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan keterampilan proses terhadap prestasi belajar fisika 3) prestasi belajar fisika siswa yang mempunyai keterampilan proses sains tinggi belajar dengan strategi REACT lebih tinggi daripada siswa yang belajar secara konvensional dan 4) prestasi belajar fisika siswa yang mempunyai keterampilan proses sains rendah yang belajar secara konvensional lebih tinggi daripada siswa yang belajar dengan strategi REACT.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Jul 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59682 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |