Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis laboratorium terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari kinerja laboratorium siswa kelas X SMAN 1 Malang / Zakariah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis laboratorium terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari kinerja laboratorium siswa kelas X SMAN 1 Malang / Zakariah

Zakariah (2012) Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis laboratorium terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari kinerja laboratorium siswa kelas X SMAN 1 Malang / Zakariah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci inkuiri terbimbing kinerja laboratorium prestasi belajar Telah diketahui bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis laboratorium pada pembelajaran fisika mampu memberikan dampak yang sangat baik terhadap prestasi belajar fisika. Oleh karena itu melalui pembelajaran inkuiri terbimbing yang berpusat pada kegiatan laboratorium siswa lebih mudah memahami dan mengingat konsep-konsep fisika yang telah dipelajari serta siswa ikut terlibat aktif dalam penemuan konsep tentang permasalahan yang dihadapi. Pembelajaran konvensional belum mampu memberikan pemahaman fisika siswa yang cukup. Hal ini disebabkan konsep-konsep yang diperoleh tidak melalui observasi dan praktikum yang dilakukan secara langsung. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang belajar secara inkuiri terbimbing berbasis laboratorium dan siswa yang belajar secara konvensional (2) mengetahui interaksi antara kinerja laboratorium dan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar fisika siswa (3) mengetahui perbedaan prestasi belajar fisika siswa yang memiliki kinerja laboratorium kategori tinggi yang belajar dengan inkuiri terbimbing berbasis laboratorium dan siswa yang belajar secara konvensional dan (4) mengetahui perbedaan prestasi belajar fisika siswa yang memiliki kinerja laboratorium kategori rendah yang belajar dengan inkuiri terbimbing berbasis laboratorium dan siswa yang belajar secara konvensional. Rancangan penelitian yang digunakan adalah faktorial 2x2 dengan sampel purposive sampling. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Malang semester 2 tahun pelajaran 2011/2012. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah perlakuan rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar kerja siswa dan pengukuran rubrik penilaian kinerja laboratorium dan naskah soal. Teknik pengumpulan data adalah pengamatan dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dan uji Tukey. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) prestasi belajar fisika siswa yang belajar dengan inkuiri terbimbing berbasis laboratorium lebih tinggi daripada siswa yang belajar secara konvensional (2) ada interaksi antara kinerja laboratorium dan strategi pembelajaran terhadap prestasi belajar fisika siswa (3) prestasi belajar fisika siswa yang memiliki kinerja laboratorium kategori tinggi yang belajar dengan inkuiri terbimbing berbasis laboratorium lebih tinggi daripada siswa yang belajar secara konvensional dan (4) prestasi belajar fisika siswa yang memiliki kinerja laboratorium kategori rendah yang belajar dengan inkuiri terbimbing berbasis laboratorium lebih tinggi daripada siswa yang belajar secara konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59681

Actions (login required)

View Item View Item