Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament termodifikasi berbasis outbond terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Nganjuk / Imam Abdul Syukur - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament termodifikasi berbasis outbond terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Nganjuk / Imam Abdul Syukur

Syukur, Imam Abdul (2012) Pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament termodifikasi berbasis outbond terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas X SMAN 1 Nganjuk / Imam Abdul Syukur. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci prestasi motivasi TGT outbound Perubahan paradigma pembelajaran dari teacher centered menuju student centered dilakukan sebagai upaya meningkatkan kualitas pendidikan karena pembelajaran teacher centered khususnya pada mata pelajaran fisika cenderung membuat motivasi belajar siswa rendah dan siswa cenderung pasif. Oleh sebab itu perlu dilakukan penelitian untuk mengatasi permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) termodifikasi berbasis outbound terhadap prestasi belajar fisika siswa ditinjau dari motivasi belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitiannya merupakan kuasi eksperimen dalam bentuk faktorial 2x2. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Nganjuk yang terdiri atas 36 siswa setiap kelas. Selanjutnya secara acak ditetapkan tiga kelas eksperimen model TGT termodifikasi berbasis outbound dan tiga kelas sebagai kelas konvensional (kontrol). Instrumen yang digunakan terdiri dari instrumen pengumpulan data (instrumen untuk mengukur motivasi belajar dan instrumen prestasi belajar fisika) serta instrumen perlakuan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mata pelajaran fisika kelas X. Pengujian hipotesis terdiri dari dua bagian yaitu pengujian persyaratan analisis (pengujian normalitas dengan uji Liliefors dan pengujian homogenitas dengan uji Bartlett) dan pengujian analisis (Anava dua arah dan uji lanjut menggunakan uji Tukey pada taraf signifikansi 5%). Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan prestasi belajar fisika siswa yang signifikan yang belajar dengan model pembelajaran TGT termodifikasi berbasis outbound dibanding konvensional. Hasil penelitian juga menunjukkan ada interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Prestasi belajar fisika siswa yang memiliki motivasi tinggi yang belajar dengan model pembelajaran TGT termodifikasi berbasis outbound tidak lebih tinggi dari konvensional. Lebih jauh diketahui bahwa siswa yang mempunyai motivasi rendah yang belajar dengan model pembelajaran TGT termodifikasi berbasis outbound lebih tinggi daripada konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59680

Actions (login required)

View Item View Item