Efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan terhadap prestasi belajar dan berpikir kritis fisika siswa kelas X SMAN 3 Malang / Wawan Pramunadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan terhadap prestasi belajar dan berpikir kritis fisika siswa kelas X SMAN 3 Malang / Wawan Pramunadi

Pramunadi, Wawan (2012) Efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan terhadap prestasi belajar dan berpikir kritis fisika siswa kelas X SMAN 3 Malang / Wawan Pramunadi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Arif Hidayat M.Si (2) Dr. Lia Yuliati M.Pd Kata Kunci Pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbasis Lingkungan Prestasi Belajar Berpikir kritis. Pembelajaran fisika yang diharapkan adalah pembelajaran yang berpusat pada siswa dan membuat siswa untuk menjalani suatu proses tentang bagaimana pengetahuan diciptakan serta dapat menemukan hubungan yang sangat bermakna antara ide-ide abstrak dengan penerapan praktis di dalam konteks dunia nyata sehingga pelajaran fisika tidak hanya sebagai kumpulan rumus dan fakta yang harus dihafalkan oleh siswa. Pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan sebagai sumber dan media belajar siswa dalam proses pembelajaran diharapkan siswa tidak hanya bergantung pada buku pegangan guru saja sehingga hal ini dapat mengembangkan sejumlah keterampilan untuk memecahkan masalah dengan menggunakan pola berpikir kritis. Dengan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan diyakini dapat meningkatkan prestasi belajar dan berpikir kritis siswa. Tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan terhadap prestasi belajar dan berpikir kritis fisika siswa kelas X SMAN 3 Malang. Penelitian dirancang dengan rancangan quasi experiment dengan desain faktorial 2 x 3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Malang. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengujian instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas dengan hasil untuk instrumen prestasi belajar fisika r 0 9 dan berpikir kritis fisika r 0 87. Pengumpulan data dilakukan dengan pre-test dan pos-test terhadap 2 kelas eksperimen dan 1 kelas kontrol. Sebelum diuji hipotesis terlebih dahulu data diuji dengan uji prasarat analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) Prestasi belajar fisika siswa yang menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional (2) Prestasi belajar fisika siswa yang menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing (3) Prestasi belajar fisika siswa yang menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional (4) Berpikir kritis fisika siswa yang menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional (5) Berpikir kritis fisika siswa yang menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis lingkungan lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing (6) Berpikir kritis fisika siswa yang menggunakan pembelajaran inkuiri terbimbing lebih baik dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59679

Actions (login required)

View Item View Item