Pengaruh model pembelajaran siklus belajar 5E terhadap prestasi belajar fisika berdasarkan keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 1 Trenggalek / Mahardini Resti Nuswantari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran siklus belajar 5E terhadap prestasi belajar fisika berdasarkan keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 1 Trenggalek / Mahardini Resti Nuswantari

Nuswantari, Mahardini Resti (2012) Pengaruh model pembelajaran siklus belajar 5E terhadap prestasi belajar fisika berdasarkan keterampilan proses sains siswa kelas X SMA Negeri 1 Trenggalek / Mahardini Resti Nuswantari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keyword Model pembelajaran Siklus Belajar 5E keterampilan proses sains prestasi belajar penelitian kuantitatif. Berdasarkan observasi awal didapatkan data awal yaitu proses pembelajaran masih didominasi dengan metode ceramah. Siswa masih terlihat kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Keterampilan proses sains merupakan hal yang penting dalam pembelajaran fisika karena siswa bisa menemukan hal-hal baru ketika pembelajaran berlangsung. Model pembelajaran Siklus Belajar 5E dapat melibatkan siswa secara aktif membangkitkan motivasi siswa dan menggunakan alat peraga dengan tepat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kualitas pelaksanaan model pembelajaran Siklus Belajar 5E sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar fisika siswa berdasarkan keterampilan proses sains siswa. (2) Mengetahui apakah prestasi belajar fisika siswa dengan model pembelajaran Siklus Belajar 5E lebih tinggi daripada prestasi belajar fisika siswa dengan pembelajaran konvensional (3) Mengetahui apakah prestasi belajar fisika siswa dengan model pembelajaran Siklus Belajar 5E lebih tinggi daripada prestasi belajar fisika siswa dengan pembelajaran konvensional untuk siswa yang memiliki keterampilan proses sains tinggi (4) Mengetahui apakah prestasi belajar fisika siswa dengan model pembelajaran Siklus Belajar 5E lebih tinggi daripada prestasi belajar fisika siswa dengan pembelajaran konvensional untuk siswa yang memiliki keterampilan proses sains rendah. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Trenggalek. Banyaknya sampel penelitian 120 siswa yang terdiri dari dua kelompok yaitu sebanyak 60 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 60 siswa sebagai kelompok kontrol. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran yaitu model pembelajaran Siklus Belajar 5E pada kelompok eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelompok kontrol variabel terikat penelitian ini adalah keterampilan proses sains dan prestasi belajar kognitif siswa. Pengujian hipotesis menggunakan Independent Sample t-test Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Siklus Belajar 5E memiliki prestasi belajar lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional. Uji hipotesis 1 menghasilkan H0 ditolak dengan nilai thitung sebesar 8 595 dan nilai ttabel sebesar 1 980. Uji hipotesis 2 menghasilkan H0 ditolak dengan nilai thitung sebesar 4 184 dan nilai ttabel sebesar 2 042. Dan uji hipotesis 3 menghasilkan H0 ditolak dengan nilai thitung sebesar 4 459 dan nilai ttabel sebesar 2 042.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59678

Actions (login required)

View Item View Item