Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap prestasi belajar ditinjau dari kemampuan penalaran ilmiah siswa SMAN 5 Malang / Rayendra Wahyu B. - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap prestasi belajar ditinjau dari kemampuan penalaran ilmiah siswa SMAN 5 Malang / Rayendra Wahyu B.

Bachtiar, Rayendra Wahyu (2012) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap prestasi belajar ditinjau dari kemampuan penalaran ilmiah siswa SMAN 5 Malang / Rayendra Wahyu B. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Empirical inductive hypothetical deductive PBL penalaran ilmiah prestasi belajar. Rancangan strategi belajar perlu memperhatikan cara siswa mendapatkan ke-bermaknaan dalam belajar. Kebermaknaan belajar ditandai dengan siswa mampu menyelesaikan berbagai variasi masalah dengan baik. Model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning PBL) dapat mengembangkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah secara ilmiah. Kemampuan penalaran ilmiah siswa ber-peran penting dalam proses pemecahan masalah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji efektivitas model pembelajaran berbasis masalah terhadap prestasi belajar fisika siswa ditinjau dari tingkatan kemampuan penalaran ilmiah siswa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 5 Malang yang terdiri atas 36 siswa setiap kelas. Selanjutnya dilakukan pemilihan kelas secara acak sehingga di-dapatkan tiga kelas eksperimen untuk diterapkan pembelajaran dengan model PBL dan tiga kelas kontrol untuk diterapkan pembelajaran dengan model konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri atas instrumen pengumpulan data yaitu instrumen tes penalaran ilmiah dan instrumen prestasi belajar fisika serta instrumen perlakuan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) materi fluida statik. Uji prasyarat normalitas data dan homogenitas varian dilakukan sebelum pengujian hipotesis. Uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas varian menggunakan uji Bartlett. Pengujian hipotesis menggunakan ANAVA dua arah dan dilanjutkan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) prestasi belajar fisika siswa yang belajar dengan model PBL lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan model konvensional (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran PBL dengan kemampuan penalaran ilmiah siswa terhadap prestasi belajar fisika (3) prestasi belajar fisika siswa hypothetical deductive yang belajar dengan model PBL lebih tinggi daripada model konvensional (4) prestasi belajar fisika siswa empirical inductive yang belajar dengan model pembelajaran PBL lebih tinggi daripada model konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59677

Actions (login required)

View Item View Item