Efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Malang / Siti Aliah - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Malang / Siti Aliah

Aliah, Siti (2012) Efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 3 Malang / Siti Aliah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran inkuiri terbimbing berpikir kritis prestasi belajar Pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif menekankan siswa untuk berpikir secara kritis dan analitis dalam mencari dan menemukan jawaban dari suatu permasalahan terutama dibidang fisika sehingga dapat meningkatkan potensi intelektualitas siswa. Dengan potensi intelektualitas yang tinggi menentukan keberhasilan siswa dalam memperoleh prestasi belajar.Prestasi belajar yang tinggi menunjukkan kualitas diri siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) menguji efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing dibandingkan dengan pembelajaran konvensional untuk meningkatkan prestasi belajar (2) menguji efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing dibandingkan dengan pembelajaran konvensional untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi (3)menguji efektivitas pembelajaran inkuiri terbimbing dibandingkan dengan pembelajaran konvensional untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah. Penelitian ini menggunakan instrumen (1)instrumen Pembelajaran Inkuiri terbimbing berupa Silabus RPP worksheet (2)Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Kritis (3)Instrumen Prestasi belajar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu(Quasi eksperimen)Sebelum data dianalisis dilakukan uji Normalitas dan Homogenitas agar kemampuan siswa dalam penelitian ini sama. Pengujian Hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Anava 2 jalur(2x2).Pengujian Efektifitas Pembelajaran mengggunakan Uji Tukey karena sampel yang digunakan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol sama . . Populasi penelitian ini siswa kelas XI IPA SMAN 3 Malang.Sampel diambil secara acak diambil 4 kelas sebagai sampel. Dari 4 kelas sampel 2 kelas digunakan sebagai kelas eksperimen yang belajar dengan Pembelajaran inkuiri terbimbing dan 2 kelas sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan prestasi belajar siswa yang belajar dengan pembelajaran inkuiri terbimbing dibandingkan dengan pembelajaran konvensional penelitian menunjukkan bahwa hasil Fhitung 17 04 sedang Ftabel 3 94 sehingga Fhitung Ftabel (2) pembelajaran inkuiri terbimbing lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis tinggi (( Qhitung(5 30 (Qtabel(3 79)) (3) pembelajaran inkuiri terbimbing tidak lebih dibandingkan dengan pembelajaran konvensional untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kritis rendah ((Qhitung 3 46 Qtabel 3 90) Jadi Qhitung Qtabel. B (3) pembelajaran inkuiri tererdasarkan temuan diatas disarankan sebagai berikut (1) pelaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing memiliki kelemahan pada saat mempresentasikan hasil/kesimpulan masih kurang maksimal karena waktu yang tersedia terbatas (2) mengingat hasil penelitian ini yang menunjukkan pembelajaran inkuiri terbimbing lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional perlu dirancang untuk menggunakan pembelajaran inkuiri yang lebih tinggi tingkat berpikir kritisnya seperti inkuiri terbuka atau inkuiri modifikasi siswa dapat lebih mengeksplorasi pengetahuannyabimbing sangat cocok dibelajarkan bagi siswa yang tingkat berpikir kritisnya tinggi jadi untuk siswa tingkat berpikir kritis rendah harus dicari solusinya (4) pembelajaran inkuiri terbimbing perlu waktu yang panjang dalam proses pembelajarannya sehingga siswa perlu diberi pembiasaan diri (5) kepada guru guru fisika diharapkan dapat meneruskan penelitian yang dilakukan untuk kemajuan prestasi sekolah dimasa yang akan datang .

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59676

Actions (login required)

View Item View Item