Efektivitas strategi metakognisi terhadap keterampilan berpikir siswa kelas C pada pelajaran fisika di SMA Negeri 6 Balikpapan / Yuli Tri Kasyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas strategi metakognisi terhadap keterampilan berpikir siswa kelas C pada pelajaran fisika di SMA Negeri 6 Balikpapan / Yuli Tri Kasyani

Kasyani, Yuli Tri (2012) Efektivitas strategi metakognisi terhadap keterampilan berpikir siswa kelas C pada pelajaran fisika di SMA Negeri 6 Balikpapan / Yuli Tri Kasyani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci strategi metakognisi keterampilan berpikir Berdasarkan hasil observasi strategi pembelajaran yang dilakukan guru kurang memperhatikan perkembangan berpikir peserta didik guru terlalu terburu-buru dalam mengajarkan Fisika tidak memberikan jeda waktu. Siswa sulit diajak untuk berpikir selalu menunggu perintah dan mudah menyerah. Tujuan penelitian ini adalah 1) menguji efektivitas keterampilan berpikir siswa berkemampuan awal tinggi yang belajar dengan strategi metakognisi dengan siswa yang belajar secara konvensional 2) menguji efektivitas keterampilan berpikir siswa berkemampuan awal rendah yang belajar dengan strategi metakognisi dengan siswa yang belajar secara konvensional 3) menguji efektivitas keterampilan berpikir siswa berkemampuan awal tinggi dengan siswa berkemampuan awal rendah yang belajar dengan strategi metakognisi. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 6 Balikpapan yang berjumlah 380 siswa sedangkan sampelnya dua kelas satu kelas eksperimen berjumlah 38 siswa dan satu kelas kontrol berjumlah 38 siswa. Rancangan penelitian yang digunakan model pretest - postest non equivalent control group design dan desain factorial 2x2 menggunakan dua kelompok yang diambil secara random sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan instrumen perlakuan yaitu perangkat pembelajaran seperti silabus RPP LKS dan lembar observasi pembelajaran untuk instrumen pengukuran menggunakan soal keterampilan berpikir yang diberikan sebelum dan sesudah perlakuan. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan ANAVA dua jalur yang dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian diperoleh bahwa keterampilan berpikir siswa berkemampuan awal tinggi yang belajar dengan strategi metakognisi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar secara konvensional. Terlihat dari hasil bahwa Qhitung 40 81 Qtabel 4 15. Keterampilan berpikir siswa berkemampuan awal rendah yang belajar dengan strategi metakognisi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar secara konvensional dengan hasil Qhitung 44 58 Qtabel 4 15. Hasil Qhitung 15 77 Qtabel 4 15 sehingga keterampilan siswa berkemampuan awal tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa berkemampuan awal rendah yang belajar dengan strategi metakognisi. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa 1) keterampilan berpikir siswa berkemampuan awal tinggi yang belajar dengan strategi metakognisi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar secara konvensional 2) keterampilan berpikir siswa berkemampuan awal rendah yang belajar dengan strategi metakognisi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar secara konvensional 3) keterampilan berpikir siswa berkemampuan awal tinggi lebih tinggi dibandingkan dengan siswa berkemampuan awal rendah yang belajar dengan strategi metakognisi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59675

Actions (login required)

View Item View Item