Pengembangan bahan ajar Computer Assited Instruction Interaktif dengan pendekatan inkuiri terbimbing sebagai bahan pendamping praktek kerja industri siswa SMK / Fajar Suryani - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar Computer Assited Instruction Interaktif dengan pendekatan inkuiri terbimbing sebagai bahan pendamping praktek kerja industri siswa SMK / Fajar Suryani

Suryani, Fajar (2012) Pengembangan bahan ajar Computer Assited Instruction Interaktif dengan pendekatan inkuiri terbimbing sebagai bahan pendamping praktek kerja industri siswa SMK / Fajar Suryani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Prakerin CAI Interaktif Inkuiri terbimbing Prakerin (Praktek Kerja Industri) adalah pola penyelenggaraan diklat yang dikelola bersama antara Sekolah Menengah Kejuruan dengan Industri atau asosiasi profesi sebagai institusi pasangan (IP) yang memiliki durasi empat bulan sampai satu tahun pada industri dalam negeri atau luar negeri. Selama prakerin siswa tidak melakukan aktifitas pembelajaran di sekolah sehingga diperlukan perangkat penunjang baik berupa modul ataupun bahan ajar lain. Karena itu perlu dikembangkan media pembelajaran yang lebih menarik dan praktis bagi siswa. Pengembangan bahan ajar CAI (Computer Assisted Instruction) Interaktif disusun dengan pendekatan inkuiri terbimbing dan dapat digunakan untuk pembelajaran mandiri atau belajar di luar jam tatap muka untuk mengatasi keterbatasan alokasi waktu pembelajaran sehingga sesuai dengan kebutuhan media pembelajaran saat prakerin dan dapat memotivasi siswa untuk mempelajari fisika pada materi Sifat Mekanik Bahan. Tujuan penelitian pengembangan bahan ajar CAII adalah 1) Mengembangkan bahan ajar dalam bentuk CAII untuk pembelajaran fisika dengan materi Sifat Mekanik Bahan yang dapat dimanfaatkan untuk belajar mandiri selama siswa melaksanakan praktek kerja industri (Prakerin). 2) Menguji kelayakan bahan ajar CAII. 3) Menguji efektifitas bahan ajar CAII. Pengembangan bahan ajar CAII mengadopsi Model Borg Gall yang telah dimodifikasi oleh Sukmadinata. Secara garis besar langkah penelitian dan pengembangan yaitu 1) Studi Pendahuluan 2) Pengembangan Model dan ke 3) Uji Model. Uji coba produk dalam penelitian ini dilaksanakan melalui lima tahap yaitu 1) review ahli materi 2) review ahli media 3) uji coba perorangan 4) uji coba kelompok kecil dan 5) uji lapangan. Review para ahli bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan ajar yang dikembangkan. Keefektifan bahan ajar diambil berdasarkan pada hasil belajar siswa. Data pengembangan terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif terdiri dari masukan dan saran untuk perbaikan materi bahan ajar diberikan oleh dosen fisika guru fisika dosen DKV dan siswa SMKN 3 Batu. Data kuantitatif adalah hasil tes belajar siswa dengan jumlah 21 siswa untuk kelas eksperimen dan 25 siswa pada kelas kontrol Materi bahan ajar Sifat Mekanik Bahan yang dikembangkan terdiri dari Standar Kompetensi Kompetensi Dasar indikator materi pembelajaran latihan soal virtual lab dan ulangan harian. Penilaian bahan ajar oleh beberapa ahli menunjukkan kelayakan 88% dari aspek pembelajaran termasuk dalam kategori sangat baik sebesar 84% dari aspek materi termasuk dalam kategori baik dan sebesar 88% dari penilaian media termasuk dalam kategori sangat baik. Revisi bahan ajar telah dilakukan berdasarkan saran-saran yang diberikan oleh dosen fisika dosen DKV guru fisika dan siswa. Penerapan bahan ajar yang telah direvisi dalam CAII Interaktif menghasilkan 100% siswa mencapai kriteria kelulusan minimal (KKM) sedangkan kelas konvensional menghasilkan 84% siswa yang mencapai KKM. 90% siswa menyatakan bahwa pembelajaran menggunakan CAII mudah dipahami dan 93% siswa memberikan persepsi positif tentang penerapan CAII. Berdasarkan hasil yang diberikan di atas dianggap bahwa bahan ajar CAII yang telah dikembangkan adalah sesuai untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Evaluasi lebih lanjut tentang kesesuaian dan efek-tifitas dari bahan ajar ini harus dilakukan untuk penyebaran yang lebih luas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59674

Actions (login required)

View Item View Item