Efektivitas model siklus belajar berbantuan teknik Mind Mapping terhadap penguasaan konsep fifika ditimjau dari keterampilan proses sains siswa SMKN 9 Malang / Setio Rilly - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas model siklus belajar berbantuan teknik Mind Mapping terhadap penguasaan konsep fifika ditimjau dari keterampilan proses sains siswa SMKN 9 Malang / Setio Rilly

Rilly, Setio (2012) Efektivitas model siklus belajar berbantuan teknik Mind Mapping terhadap penguasaan konsep fifika ditimjau dari keterampilan proses sains siswa SMKN 9 Malang / Setio Rilly. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Muhardjito M.S (2) Dr. Sentot Kusairi M.Si Kata Kunci model siklus belajar mind mapping keterampilan proses sains penguasaan konsep fisika. Keterampilan proses sains siswa sangat mempengaruhi proses pembelajaran dengan menggunakan model siklus belajar. Salah satu teknik yang dapat membantu siswa untuk lebih memahami konsep adalah menggunakan mind mapping. Pembelajaran dengan menggunakan model siklus belajar berbantuan teknik mind mapping diyakini mampu membuat penguasaan konsep menjadi lebih baik daripada pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji efektivitas pembelajaran dengan model siklus belajar berbantuan teknik mind mapping dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap penguasaan konsep siswa (2) menguji adanya interaksi antara model pembelajaran dengan keterampilan proses sains terhadap penguasaan konsep siswa (3) menguji efektivitas pembelajaran dengan model siklus belajar berbantuan teknik mind mapping dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap penguasaan konsep siswa dengan keterampilan proses sains tinggi (4) menguji efektivitas pembelajaran dengan model siklus belajar berbantuan teknik mind mapping dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap penguasaan konsep siswa dengan keterampilan proses sains rendah. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi experiment dengan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 9 Malang. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dan diperoleh 3 kelas sebagai kelas eksperimen yang belajar menggunakan model siklus belajar berbantuan teknik mind mapping dan 3 kelas sebagai kelas kontrol yang belajar menggunakan model siklus belajar dengan teknik mencatat tradisional. Instrumen penelitian terdiri atas RPP silabus soal keterampilan proses dan soal penguasaan konsep suhu-kalor. Teknik analisis data menggunakan uji Anava dua jalur yang dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran model siklus belajar berbantuan teknik mind mapping lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap penguasaan konsep siswa ditunjukkan oleh hasil uji Tukey Q1hitung 21 17 Qtabel 3 75 pada taraf signifikansi 0 05 (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan keterampilan proses sains terhadap penguasaan konsep siswa ditunjukkan oleh nilai Fhitung 4 51 Ftabel 3 93 (3) pembelajaran model siklus belajar berbantuan teknik mind mapping lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap penguasaan konsep untuk siswa yang memiliki keterampilan proses sains tinggi ditunjukkan oleh nilai Q3hitung 17 10 dari Qt 3 85 (4) pembelajaran model siklus belajar berbantuan teknik mind mapping lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap penguasaan konsep untuk siswa yang memiliki keterampilan proses sains rendah ditunjukkan oleh nilai Q4hitung 12 83 Qt 3 85.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59673

Actions (login required)

View Item View Item