Pengaruh pembelajaran ICT based guided inquiry terhadap prestasi belajar fifika ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif bagi siswa SMK / Tenes Widoyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pembelajaran ICT based guided inquiry terhadap prestasi belajar fifika ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif bagi siswa SMK / Tenes Widoyo

Widoyo, Tenes (2012) Pengaruh pembelajaran ICT based guided inquiry terhadap prestasi belajar fifika ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif bagi siswa SMK / Tenes Widoyo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci ICT Guided Inquiry Prestasi Belajar Kemampuan Berpikir Kreatif. Kemajuan Information and Communication Technology (ICT) dalam dunia pendidikan sangat pesat memudahkan siswa untuk mendapatkan bahan ajar yang lebih lengkap dari berbagai ahli di bidangnya. Siswa dituntut untuk belajar secara mandiri dan siswa menjadi subjek belajar (Student centered). Guru harus mem- punyai inovasi dalam proses pembelajaran untuk mengatasi keterbasan sarana dan prasarana di sekolah serta minimnya tatap muka guru dengan siswa di kelas. Tuju-an penelitian ini untuk mengetahui (1) perbedaan prestasi belajar Fisika bagi siswa yang belajar dengan pembelajaran ICT based guided inquiry dan belajar secara konvensioal (2) interaksi antara pembelajaran ICT based guided inquiry dan kemampuan berpikir kreatif terhadap prestasi belajar Fisika (3) perbedaan prestasi belajar Fisika bagi siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif tinggi belajar dengan pembelajaran ICT based guided inquiry dan belajar secara konvensioal dan (4) perbedaan prestasi belajar Fisika siswa yang memiliki kemampuan berpikir kreatif rendah dan belajar dengan pembelajaran ICT based guided inquiry dan be-lajar secara konvensional. Penelitian ini menggunakan non equivalent control groups design dan de-sain faktorial 2X2. Populasi penelitian kelas X SMK Negeri 1 Balikpapan. Sampel kelas eksperimen XTITL1 XTITL3 XTKR1 XTKR3 dan kelas kontrol XTFL1 X TP1 X TP3 XGP1. Instrumen pengukuran pada penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir kreatif dan tes prestasi belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) prestasi belajar pelajaran Fisika bagi siswa yang belajar dengan pembelajaran ICT based guided inquiry lebih tinggi daripada prestasi belajar pelajaran Fisika bagi siswa yang belajar secara konvensional (2) terdapat interaksi antara pembelajaran ICT based guided inquiry dan kemampuan berpikir kreatif terhadap prestasi belajar (3) prestasi belajar pelajaran Fisika bagi siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kreatif tinggi belajar dengan pembelajaran ICT based guided inquiry lebih tinggi daripada prestasi belajar pelajaran Fisika bagi siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kreatif tinggi belajar secara konvensional dan (4) prestasi belajar pelajaran Fisika bagi siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kreatif rendah belajar dengan pembelajaran ICT based guided inquiry lebih tinggi daripada prestasi belajar pelajaran Fisika bagi siswa yang mempunyai kemampuan berpikir kreatif rendah belajar secara konvensional. Saran penulis setelah membaca penelitian ini (1) Guru mengenbangkan strategi mengajar Fisika bagi siswa SMK (2) Guru memilih me-tode pembelajaran yang inovatif dengan memanfaatkan ICT untuk membantu pe-mahaman konsep Fisika dan untuk membimbing siswa di luar tatap muka di kelas dan (3) Guru membekali diri sebagai guru yang profesional dengan melakukan pe-nelitian kependidikan dan mengembangkan penelitian lain untuk kemajuan dunia pendidikan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59672

Actions (login required)

View Item View Item