Ratmanto (2012) Pengaruh strategi pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar fisika ditinjau dari kemampuan memecahkan masalah siswa kelas XI SMKN 2 Probolinggo / Ratmanto. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Arif Hidayat M.Si (II) Drs. Agus Suyudi M.Pd. Kata Kunci pembelajaran berbasis masalah hasil belajar kemampuan memecahkan masalah. Penelitian ini berdasarkan fakta bahwa sebagian besar siswa SMK menganggap bahwa pelajaran fisika adalah sangat sulit. Untuk menghapus fakta ini diusulkan suatu strategi mengajar yang cocok yaitu pendekatan pemecahan masalah. Selain itu penelitian-penelitian sebelumnya mengenai strategi pembelajaran berbasis masalah menunjukkan bahwa strategi ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan kemampuan memecahkan masalah. Tujuan dari penelitian ini ialah (1) menguji efektifitas pembelajaran berbasis masalah dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI SMKN 2 Probolinggo (2) menguji efektifitas pembelajaran berbasis masalah dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar fisika ditinjau dari kemampuan memecahkan masalah untuk kelompok tinggi dan rendah siswa kelas XI SMKN 2 Probolinggo (3) menguji interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas XI SMKN 2 Probolinggo. Penelitian dilaksanakan di SMK 2 Probolinggo. Rancangan penelitian adalah post-test-only control group design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara acak. Kelompok pertama yang diperlakukan dengan pembelajaran berbasis masalah sebagai kelompok eksperimen dan kelompok kedua yang diperlakukan dengan pembelajaran konvensional sebagai kelompok kontrol. Sesudah perlakuan masing-masing kelompok diberi post-test. Instrumen penelitian terdiri dari RPP pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran konvensional tes hasil belajar fisika berbentuk pilihan ganda dan tes kemampuan memecahkan masalah berbentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar fisika siswa kelas XI SMKN 2 Probolinggo yang belajar strategi pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional (2) hasil belajar fisika siswa kelas XI SMKN 2 Probolinggo yang belajar strategi pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan strategi pembelajaran konvensional ditinjau dari kemampuan memecahkan masalah untuk kelompok tinggi dan rendah (3) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dengan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas XI SMKN 2 Probolinggo. Saran-saran dari hasil penelitian ini (1) pembelajaran berbasis masalah dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa baik yang berkemampuan memecahkan masalah tinggi maupun yang rendah (2) aplikasi pembelajaran berbasis masalah hendaknya didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai agar pembelajaran menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Feb 2012 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2012 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59670 |
Actions (login required)
View Item |