Efektivitas strategi inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep fisika ditinjau dari kerja ilmiah siswa SMA Negeri 1 pandaan tahun pelajaran 2009/2010 / Khusnur Rozi - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas strategi inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep fisika ditinjau dari kerja ilmiah siswa SMA Negeri 1 pandaan tahun pelajaran 2009/2010 / Khusnur Rozi

Rozi, Khusnur (2011) Efektivitas strategi inkuiri terbimbing terhadap pemahaman konsep fisika ditinjau dari kerja ilmiah siswa SMA Negeri 1 pandaan tahun pelajaran 2009/2010 / Khusnur Rozi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jurusan Pendidikan Fisika Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Wartono M.Pd. (II) Dr. Muhardjito M.S. Kata Kunci inkuiri terbimbing pemahaman konsep kerja ilmiah. Percobaan fisika yang digunakan di SMA Negeri Pandaan selama ini masih menggunakan strategi inkuiri terstruktur yang sangat dekat dengan cookbook laboratory yang berpusat kepada guru. Siswa melaksanakan percobaan menggunakan petunjuk yang sangat jelas tanpa ada tantangan kognitif sehingga siswa bekerja seperti robot dan guru menemukan siswa tidak memperoleh pemahaman fisika yang cukup. Siswa memperoleh pemahaman yang baik bila mempunyai kemampuan memprediksi membuat generalisasi dari benda yang diamati melalui percobaan dan mengkomunikasikannya. Dalam pembelajaran kemampuan tersebut merupakan bagian dari kerja ilmiah. Guru perlu merancang pembelajaran yang memberi kesempatan kepada siswa agar dapat mengembangkan kemampuan tersebut melalui percobaan fisika. Strategi inkuiri terbimbing menyediakan kesempatan belajar kepada siswa untuk mengembangkan kerja ilmiah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk(1) mengukur perbedaan pemahaman konsep siswa yang belajar dengan strategi inkuiri terbimbing dan yang belajar dengan strategi inkuiri terstruktur (2) mengetahui interaksi antara strategi inkuiri dan kemampuan kerja ilmiah terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa dan (3) mengukur perbedaan pemahaman konsep siswa yang mempunyai kemampuan kerja ilmiah tinggi dan yang belajar dengan strategi inkuiri terbimbing dan pemahaman konsep siswa yang mempunyai kemampuan kerja ilmiah tinggi dan yang belajar dengan strategi inkuiri terstruktur. Rancangan penelitian yang digunakan adalah faktorial 2x2 dengan sampel cluster random sederhana. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Pandaan semester genap tahun pelajaran 2009/2010. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pemahaman konsep siswa yang belajar dengan strategi inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada yang belajar dengan strategi inkuiri terstruktur (2) terdapat interaksi antara strategi inkuiri dan kemampuan kerja ilmiah terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa (3) pemahaman konsep siswa yang mempunyai kemampuan kerja ilmiah tinggi dan yang belajar dengan strategi inkuiri terbimbing lebih tinggi daripada pemahaman konsep siswa yang mempunyai kemampuan kerja ilmiah tinggi dan yang belajar dengan strategi inkuiri terstruktur. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru sering menggunakan strategi inkuri terbimbing untuk memperkaya repertoar guru. Kepada peneliti lain disarankan untuk merancang penilaian aspek kognitif dan psikomotor yang lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59667

Actions (login required)

View Item View Item