Pengaruh penggunaan metode pemodelan terhadap peningkatan pemahaman konsep fisika ditinjau dari pengetahuan awal siswa kelas X SMA Negeri Jember tahun pelajaran 2009-2010 / Muhammad Lutfi Helmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh penggunaan metode pemodelan terhadap peningkatan pemahaman konsep fisika ditinjau dari pengetahuan awal siswa kelas X SMA Negeri Jember tahun pelajaran 2009-2010 / Muhammad Lutfi Helmi

Helmi, Muhammad Lutfi (2011) Pengaruh penggunaan metode pemodelan terhadap peningkatan pemahaman konsep fisika ditinjau dari pengetahuan awal siswa kelas X SMA Negeri Jember tahun pelajaran 2009-2010 / Muhammad Lutfi Helmi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Program Studi Pendidikan Fisika Program Pascasarjana Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Markus Diantoro M.Si. dan (II) Drs. Agus Suyudi M.Pd. Kata kunci pengetahuan awal peningkatan pemahaman konsep metode pemodelan normalized gain. Pembelajaran fisika di sekolah pada umumnya masih didominasi oleh pola-pola pembelajaran yang tradisional sementara itu penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tradisional pada umumnya gagal untuk mengatasi kesulitan konseptual dan membentuk pemahaman konseptual yang kohern. Metode pemodelan yang merupakan salah satu metode pembelajaran yang menekankan pada kegiatan berpikir dan bertindak telah dilaporkan berhasil meningkatkan pemahaman konseptual siswa di Amerika. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengulang sukses yang sama dalam penerapan metode pemodelan pada tingkat sekolah menengah di Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji (1) peningkatan pemahaman konsep siswa yang belajar dengan metode pemodelan dibandingkan dengan pembelajaran tradisional (2) peningkatan pemahaman konsep siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi dibandingkan dengan yang memiliki pengetahuan awal rendah (3) interaksi perbedaan metode pembelajaran dengan pengetahuan awal terhadap peningkatan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini termasuk dalam kategori kuasi-eksperimen. Rancangan penelitian yang digunakan adalah desain faktorial 2 x 2. Sebanyak 27 siswa di kelas X.1 SMA Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2009-2010 belajar dengan metode pemodelan pada materi listrik DC. Sebagai kontrol kelas X.4 sebanyak 29 siswa belajar dengan pembelajaran tradisional. Pengetahuan awal siswa dilihat dari nilai pretes sedangkan peningkatan pemahaman siswa diukur dengan normalized gain dari nilai pretes dan postes siswa. Analisis data menggunakan Anava dua faktor dilanjutkan dengan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan metode pemodelan mengalami peningkatan pemahaman konsep lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran tradisional. Penelitian ini juga menemukan bahwa tidak ada perbedaan signifikan peningkatan pemahaman konsep siswa dengan pengetahuan awal tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki pengetahuan awal rendah. Temuan penelitian ini juga menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara penggunaan metode pembelajaran berbeda dengan tingkat pengetahuan awal siswa. Temuan penelitian ini sejalan dengan beberapa penelitian sebelumnya namun masih menyisakan beberapa persoalan. Pertama nilai postes kedua kelas masih rendah. Hal ini dimungkinkan karena karakter tingkat kesulitan instrumen dan materi bagi level berpikir siswa. Kedua normalized gain metode pemodelan dalam penelitian ini masih berada pada kategori rendah menurut kriteria Hake sementara penelitian metode pemodelan lain menunjukkan normalized gain pada level sedang bahkan mendekati tinggi. Dimungkinkan resistensi siswa kesulitan dalam mengintegrasikan komponen-komponen metode pemodelan belum tercapainya level operasional formal serta perbedaan tingkat kesulitan instrumen pengukuran sebagai faktor-faktor yang berpengaruh terhadap rendahnya hasil tersebut.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 11 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59666

Actions (login required)

View Item View Item