Sumarni (2011) Pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) terhadap prestasi belajar fisika ditinjau dari motivasi pada siswa kelas X SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung / Sumarni. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci problem based learning prestasi belajar Pengaruh penerapan model problem based learning (PBL) pada pembelajaran fisika memiliki dampak yang sangat baik terhadap motivasi dan prestasi siswa. Model PBL dilakukan dengan memberikan orientasi permasalahan secara langsung terhadap siswa sesuai materi yang diajarkan dan siswa dapat mengamati sesuai dengan pengalaman sehari-hari dan sekaligus memecahkan masalah sendiri. Gejala yang ada banyak siswa memiliki pengetahuan faktual yang cukup tetapi gagal menggunakan pengetahuannya saat memecahkan masalah. Salah satu faktor penyebab gagalnya pembelajaran di kelas adalah proses pembelajaran yang didominasi guru model pembelajaran yang tidak mendukung aktifitas siswa maka perlu adanya perubahan model pembelajaran yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah 1) Menguji ada perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang belajar dengan model PBL dan konvensional. 2) Menguji perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang belajar dengan model PBL dan model konvensional di kelompok siswa bermotivasi tinggi dan rendah.3) Menguji interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan variabel bebas mode Pembelajaran dan model Konvesional variabel terikatnya prestasi belajar siswa dan sebagai variabel moderat adalah motivasi belajar. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Boyoalngu Tulungagung Tahun Pelajaran 2009/2010. Data dianalisis dengan statistik ANAVA Dua Jalur dan uji Tukey. Pengujian hipoteis nol dilakukan pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan temuan-temuan sebagai berikut.1) Terdapat perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang belajar dengan model PBL dan konvensional. 2) Terdapat perbedaan prestasi belajar fisika antara siswa yang belajar dengan model PBL dan model konvensional di kelompok siswa bermotivasi tinggi 3) Terdapat interaksi antara model dengan motivasi belajar yang berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Mar 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59665 |
Actions (login required)
View Item |