Agustini, Wulan (2011) Efektifitas model pembelajaran problem based learning (PBL) dan learning cycle 5 fase (LCM) terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Negeri 1 Purwosari / Wulan Agustini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
kata kunci prestasi belajar problem based learning learning cycle 5 fase Aktivitas pembelajaran fisika yang terjadi di SMKN I Purwosari cenderung berpusat pada guru siswa bersifat pasif dan kurang memiliki kesempatan untuk mengembangkan kreatifitasnya.Pada kenyataan sekarang untuk menghadapi dunia industri kemampuan berpikir sangat diperlukan siswa untuk menghadapi persaingan dunia kerja yang sangat kompetitif. Perlu dilakukan pembelajaran fisika yang dapat meningkatkan pola berpikir siswa untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan model pembelajaran PBL dan LCM terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMKN I Purwosari dan Menguji keefektifan model pembelajaran yang digunakan (PBL) atau (LCM) terhadap prestasi belajar siswa SMKN I Purwosari. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu (quasi experimental) pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri I Purwosari tahun pelajaran 2009/2010. Sampel penelitian adalah tiga kelas yang ditetapkan berdasarkan teknik Purposive sampling. Kelas pertama belajar dengan model PBL. Kelas kedua belajar dengan LCM dan kelas ketiga belajar dengan model konvensional. Data prestasi belajar dikumpulkan dengan 25 butir tes versi 1 0 yang dimodifikasi. Data dianalisis dengan statistik ANAVA satu arah dan uji Scheff . Pengujian hipotesis nol dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan temuan-temuan sebagai berikut (1) Terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar antara siswa yang belajar menggunakan model PBL dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensional. Prestasi belajar pada kelompok PBL lebih tinggi daripada kelompok konvensional (2) Terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar antara siswa yang belajar menggunakan model LCM dengan siswa yang belajar menggunakan model konvensionalprestasi belajar siswa kelompok LCM lebih tinggi daripada kelompok konvensional (3) Pembelajaran model PBL lebih efektif daripada model konvensional dalam peningkatan prestasi belajar siswa. (4) Pembelajaran model LCM lebih efektif daripada model konvensional dalam peningkatan prestasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Feb 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59662 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |