Perbedaan hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan strategi problem based learning (PBL) dan konvensional siswa kelas X di SMKN 1 Blitar / Noer Koestiningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan strategi problem based learning (PBL) dan konvensional siswa kelas X di SMKN 1 Blitar / Noer Koestiningsih

Koestiningsih, Noer (2011) Perbedaan hasil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan strategi problem based learning (PBL) dan konvensional siswa kelas X di SMKN 1 Blitar / Noer Koestiningsih. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata-kata kunci strategi problem based learning konvensional hasil belajar Belajar merupakan hal pokok yang tidak bisa lepas dari kehidupan semua orang. Seiring dengan perkembangan masyarakat dan kebutuhan yang meningkat pemerintah berupaya untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan mempersiapkan sumber daya manusia yang kreatif mampu memecahkan persoalan-persoalan yang aktual dalam kehidupan dan mampu menghasilkan teknologi baru. Untuk menciptakan sumber daya manusia yang kreatif dan berkualitas salah satu strategi yang banyak dipakai dalam pembelajaran fisika adalah strategi Problem Based Learning (PBL) karena pemilihan PBL membantu siswa mengembangkan kemampuan memecahkan masalah terutama situasi masalah yang autentik dan bermakna yang dapat memberikan kemudahan kepada mereka untuk melakukan penyelidikan. Penelitian ini berupaya untuk menjawab permasalahan adakah perbedaan hasil belajar fisika antara kelompok siswa yang belajar dengan strategi PBL dan kelompok siswa yang belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X program keahlian teknik pemesinaan di SMKN I Blitar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimental semu yang menggunakan desain pra-tes perlakuan dan pasca-tes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Blitar tahun pelajaran 2009/2010. Pengambilan sampel penelitian yang dilakukan adalah dua kelas ditetapkan berdasarkan teknik simple random sampling. Kelas pertama diajar dengan strategi PBL kelas kedua diajar dengan pembelajaran konvensional. Data hasil belajar dikumpulkan dengan tes dalam bentuk obyektif. Data dianalisis dengan statistik uji t. Hasil penelitian menunjukkan temuan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang belajar menggunakan model PBL dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil belajar pada kelompok PBL lebih baik daripada kelompok konvensional hasil analisis uji t diperoleh thit 4.00 lebih besar dari ttab 1.692 Dengan pembelajaran fisika menggunakan strategi PBL dapat dijadikan suatu alternatif dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar fisika.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59661

Actions (login required)

View Item View Item