Perbedaan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi (TI) terhadap motivasi dan prestasi belajar fisika pada siswa SMK Negeri 1 Panji Kabupaten Situbondo / Paimin - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi (TI) terhadap motivasi dan prestasi belajar fisika pada siswa SMK Negeri 1 Panji Kabupaten Situbondo / Paimin

Paimin (2011) Perbedaan penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi (TI) terhadap motivasi dan prestasi belajar fisika pada siswa SMK Negeri 1 Panji Kabupaten Situbondo / Paimin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci media pembelajaran berbasis TI motivasi prestasi. Sebagai bagian dari ilmu pengetahuan alam (IPA) Fisika adalah ilmu yang mempelajari tentang fenomena alam. Belajar fisika bukan hanya belajar menghafal rumus belajar menghitung atau belajar konsep tetapi berusaha menumbuh kembangkan sikap keterampilan berpikir melakukan metode penyelidikan dan percobaan dalam bidang fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menguji adanya perbedaan prestasi dan motivasi siswa yang belajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi (TI) dengan siswa yang belajar tanpa menggunakan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi (TI) pada SMK Negeri 1 Panji Kabupaten Situbondo. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Rancangan penelitian ini menggunakan Pretes dan Postes dengan Kelompok Pengendali Tidak Diacak pada dua kelompok yaitu Kelompok I sebagai kelompok eksperimen yang belajar dengan menggunakan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi (TI) dan Kelompok II sebagai kelompok pembanding yang belajar dengan konvensional. Penentuan pengambilan kelompok eksperimen dan kelompok pembanding dilakukan secara random. Instrumen yang digunakan adalah soal tes yang diujicobakan dan dicari Validitas Reabilitas Tingkat Kesukaran dan Daya Beda dan dianalisis dengan statistik uji t. Hasil analisis uji prestasi diperoleh thitung sebesar 3.99 sedangkan ttabel sebesar 2.304 sehingga thitung ttabel Hasil analisis uji motivasi diperoleh thitung sebesar 7.55 sedangkan ttabel sebesar 2.304 sehingga thitung ttabel. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan terdapat perbedaan prestasi dan motivasi yang signifikan antara kelas yang belajar dengan penggunaan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi (TI) dengan kelas yang belajar tanpa dengan penggunaan media pembelajaran berbasis Teknologi Informasi (TI)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59660

Actions (login required)

View Item View Item