Pengaruh pendekatan inquiry base learning (IBL) terhadap hasil belajar ditinjau dari kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMKN 4 Malang / Muhammad Asrofi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pendekatan inquiry base learning (IBL) terhadap hasil belajar ditinjau dari kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMKN 4 Malang / Muhammad Asrofi

Asrofi, Muhammad (2011) Pengaruh pendekatan inquiry base learning (IBL) terhadap hasil belajar ditinjau dari kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas X SMKN 4 Malang / Muhammad Asrofi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Pendekatan Inquiry Base Learning (IBL) hasil belajar kemampuan berpikir kritis. Kemampuan yang diperlukan dalam dunia usaha untuk tahun yang akan datang adalah kemampuan berpikir kritis. Padahal sangat banyak peserta didik sekarang ini pasif sedikit vokal kurang inisiatif di kelas dan kurang kreatif dalam berpikir. Pembelajaran membutuhkan guru yang tidak hanya memberi informasi searah dalam melakukan pembelajaran. Guru harus mampu memilih pendekatan pembelajaran yang membuat peserta didik berjiwa lifelong education. Salah satu kecakapan hidup yang harus dimiliki oleh setiap peserta didik adalah kemampuan berpikir. Aspek dalam kegiatan berpikir tersebut adalah berpikir kritis. Kemampuan ini membantu peserta didik dalam membuat keputusan dan menyelesaikan permasalahan. Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu dari 7 jenis kemampuan yang dituntut oleh setiap lulusan sekolah menengah di abad pengetahuan sekarang ini. Kemampuan berpikir kritis sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran. Kemampuan berpikir kritis biasanya diketahui dengan memberikan pertanyaan pada waktu awal atau akhir pembelajaran di kelas. Guru harus mengajarkan bagaimana peserta didik berpikir. Guru harus mempunyai inovasi dalam proses pembelajaran di kelas proses pembelajaran tidak selalu disampaikan hanya dengan satu pendekatan yang tetap. Salah satu pendekatan yang membuat peserta didik berpikir kritis adalah Inquiry Base Learning (IBL). Pendekatan IBL didasarkan pada filosofi John Dewey bahwa pembelajaran dimulai dengan menciptakan rasa ingin tahu yang tinggi dari peserta didik. Untuk mengungkapkan permasalahan di atas penelitian ini bertujuan sebagai berikut. (1) Mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar peserta didik yang belajar dengan pendekatan Inquiry Base Learning (IBL) dibandingkan peserta didik yang belajar dengan cara konvensional. (2) Mengetahui ada tidaknya interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar peserta didik. (3) Mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar peserta didik yang mempu-nyai kemampuan berpikir kritis tinggi jika belajar dengan pendekatan Inquiry Base Learning (IBL) dan yang belajar dengan cara konvensional. (4) Mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar peserta didik yang mempu-nyai kemampuan berpikir kritis rendah jika belajar dengan pendekatan Inquiry Base Learning (IBL) dan yang belajar dengan cara konvensional. Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2 x 2. Populasi penelitian adalah kelas X SMKN 4 Malang kelompok Teknik Informatika yang mencakup program keahlian Multimedia (MM) berjumlah 4 kelas Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) berjumlah 2 kelas dan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) berjumlah 2 kelas. Sampel dilakukan dengan cara acak dan didapatkan kelas X RPL A yang belajar dengan pendekatan IBL dan kelas X RPL B yang belajar secara konvensional. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan berpikir kritis dan tes hasil belajar. Hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Nilai Fhitung untuk antar kolom sebesar 6 06 dan Ftabel sebesar 4 07 dapat disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang belajar dengan pendekatan IBL dibandingkan secara konvensional karena Fhitung Ftabel. Nilai Fhitung antar baris sebesar 26 13 dan Ftabel sebesar 4 07 disimpulkan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang belajar dengan pendekatan IBL dan secara konvensional karena Fhitung Ftabel (2) Nilai Fhitung sebesar 30 03 dan Ftabel sebesar 4 07 sehingga terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar peserta didik (3) Hasil belajar peserta didik yang mempunyai kemampuan berpikir kritis tinggi lebih tinggi jika belajar dengan pendekatan Inquiry Base Learning (IBL) daripada yang belajar dengan cara konvensional dan (4) Hasil belajar peserta didik yang mempunyai kemampuan berpikir kritis rendah lebih rendah jika belajar dengan pendekatan Inquiry Base Learning (IBL) daripada yang belajar dengan cara konvensional. Berdasarkan temuan penelitian ini disarankan (1) Guru perlu mengajarkan materi pelajaran fisika yang dilakukan dengan pendekatan Inquiry Base Learning (IBL) tidak hanya bab optika geometri saja. (2) Dalam melaksanakan pendekatan IBL perlu mengurangi jumlah peserta didik dalam satu kelas yang rata-ratanya 40 tiap kelas menjadi 30 tiap kelas. Tujuannya memaksimalkan pengelolaan kelas yang sesuai dengan pendekatan IBL.(3) Perlu adanya jadwal konsultasi peserta didik di luar kelas dengan guru pengajar dalam pembelajaran dengan pendekatan IBL. Konsultasi tersebut digunakan peserta didik untuk memaksimalkan eksplorasi materi dalam menjawab hipotesis yang diajukan pada waktu pembelajaran. (4) Instrumen kemampuan berpikir kritis lebih baik digunakan di tingkat SMA yang berbeda karakteristik dalam berpikir dibandingkan peserta didik SMK. Penelitian ini menggunakan instrumen kemampuan berpikir kritis yang digunakan pada tingkatan peserta didik akan masuk perguruan tinggi. (5) Perlu diusahakan untuk menggunakan alat praktikum yang lebih lengkap sehingga kebutuhan peserta didik dalam menjawab hipotesis dapat maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59659

Actions (login required)

View Item View Item