Efektivitas penggunaan metode eksperimen riel dan virtual pada pembelajaran fisika berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangil / Endik Mulyono - Repositori Universitas Negeri Malang

Efektivitas penggunaan metode eksperimen riel dan virtual pada pembelajaran fisika berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangil / Endik Mulyono

Mulyono, Endik (2011) Efektivitas penggunaan metode eksperimen riel dan virtual pada pembelajaran fisika berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangil / Endik Mulyono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci eksperimen riel eksperimen virtual kemampuan berpikir tingkat tinggi pembelajaran berbasis masalah. Pembelajaran fisika sebaiknya didasarkan pada teori belajar konstruktivisme. Salah satu metode pembelajaran yang didasarkan pada teori belajar konstuktivisme adalah Pembelajaran berbasis masalah (PBL).Beberapa hasil penelitian menyebutkan bahwa PBL dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penerapan pembelajaran metode eksperimen riel dan virtual melalui tahap-tahap PBL dapat meningkatkan aktivitas belajar penguasaan TIK dan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangil yang belajar menggunakan metode eksperimen riel dan virtual pada pembelajaran fisika berbasis masalah 2) menentukan efektivitas penggunaan metode eksperimen riel dan virtual pada pembelajaran fisika berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangil. Penelitian ini menggunakan rancangan kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangil tahun pelajaran 2009/2010 sejumlah 9 kelas. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik Sampling Random Purposivesebanyak 2 kelas 1 kelas untuk kelas eksperimen yaitu kelas yang menggunakan metode eksperimen riel dan kelas kontrol yaitu kelas yang menggunakan metode eksperimen virtual pada pembelajaran fisika berbasis masalah. Masing-masing kelas terdiri dari 34 siswa. Data diambil melalui tes dan dianalisis menggunakan uji Anava dan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat perbedaan yang signifikan antara penggunaan metode eksperimen riel dan metode eksperimen virtual pada pembelajaran fisika berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangil (F_hitung 4 14 F_tabel 3 99 dengan 945 5%) 2) penggunaan metode eksperimen riel pada pembelajaran fisika berbasis masalah lebih efektif dari pada penggunaan metode eksperimen virtual pada pembelajaran fisika berbasis masalah terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangil (F_hitung 20 70 F_tabel 3 99dengan 945 5%).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59658

Actions (login required)

View Item View Item