Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Berdasarkan Tahapan Wallas / Mirza Amelia Oktaviani - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Berdasarkan Tahapan Wallas / Mirza Amelia Oktaviani

Oktaviani, Mirza Amelia (2018) Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Berdasarkan Tahapan Wallas / Mirza Amelia Oktaviani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Oktaviani Mirza Amelia. 2018. Proses Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Berdasarkan Tahapan Wallas. Tesis Program Studi S2 Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Sisworo M.Si. 2) Dr. Erry Hidayanto M.Si. Kata Kunci proses berpikir kreatif soal open-ended tahapan Wallas Kreativitas adalah sesuatu yang penting dalam pendidikan karena dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah kehidupan. Di Indonesia kreativitas menjadi tujuan pembelajaran dari semua mata pelajaran termasuk matematika. Walaupun kreativitas sudah menjadi tujuan dalam pembelajaran matematika seperti yang ditunjukkan dalam kurikulum namun implementasi pembelajaran yang mendorong berpikir kreatif siswa masih jauh dari harapan. Oleh karena itu diperlukan data berupa proses berpikir kreatif untuk merancang pembelajaran yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Adapun tahapan proses berpikir kreatif yang dikembangkan oleh Wallas yang terdiri persiapan inkubasi iluminasi dan verifikasi. Untuk mengidentifikasi berpikir kreatif siswa diberikan soal open-ended. Soal open-ended digunakan karena memiliki cara dan solusi yang tidak tunggal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan soal open-ended berdasarkan tahapan Wallas. Penelitian ini termasuk penelitian deksriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini antara lain tes mental rotasi yang digunakan untuk melihat tingkat kemampuan spasial siswa soal open-ended dan pedoman wawancara. Tes dan wawancara dilakukan terhadap siswa yang memiliki kemampuan spasial tinggi sedang dan rendah. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa proses berpikir kreatif siswa berkemampuan spasial tinggi sedang dan rendah memenuhi empat tahapan Wallas yaitu persiapan inkubasi iluminasi dan verifikasi dalam menyelesaikan soal open-ended. Pada tahap persiapan siswa berkemampuan spasial tinggi dan sedang dapat mengidentifikasi dan memahami soal dan dapat menjelaskan kembali informasi yang diperoleh dari soal yang diberikan serta siswa mengetahui pengetahuan relevan yang digunakan untuk menyelesaikan soal sedangkan siswa berkemampuan rendah agak kesulitan untuk menjelaskan kembali informasi soal yang diperoleh dari soal yang diberikan. Pada tahap inkubasi untuk siswa berkemampuan spasial rendah waktu inkubasinya lebih lama daripada siswa berkemampuan spasial tinggi dan sedang. Pada tahap iluminasi subjek berkemampuan spasial tinggi menggunakan teorema Pythagoras dan keliling bidang untuk mencari solusi terkait panjang minimal tali hijau merah dan biru sedangkan subjek berkemampuan spasial sedang dan rendah hanya menggunakan teorema Pythagoras untuk mencari solusi terkait panjang minimal tali hijau merah. Pada tahap verifikasi semua siswa dapat menerapkan ide penyelesaiannya. Siswa berkemampuan spasial tinggi dan rendah menghasilkan 2 solusi yang tepat ii sedangkan siswa dengan berkemampuan spasial sedang hanya dapat menemukan satu solusi yang tepat. Namun Siswa dengan kemampuan spasial tinggi kurang sistematis dalam menyelesaikan soal open-ended pertama sedangkan siswa berkemampuan spasial rendah melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal open-ended.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59657

Actions (login required)

View Item View Item