Penerapan model pembelajaran problem possing untuk memahamkan siswa SMP tentang operasi bilanga bulat / Maria Ulpah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem possing untuk memahamkan siswa SMP tentang operasi bilanga bulat / Maria Ulpah

Ulpah, Maria (2017) Penerapan model pembelajaran problem possing untuk memahamkan siswa SMP tentang operasi bilanga bulat / Maria Ulpah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ulpah Maria. 2017. Penerapan Model Problem Posing untuk Memahamkan Siswa SMP Tentang Operasi Bilangan Bulat. Tesis. Pascasarjana Pendidikan Matematika Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc (II) Dr.rer.nat. I Made Sulandra M.Si Kata Kunci Model Problem Posing Pemahaman Operasi Bilangan Bulat Kegiatan pembelajaran yang dilakukan di SMP Negeri 17 Tanjung Jabung Timur Jambi sejauh ini masih monoton guru sering menggunakan metode ceramah mengerjakan latihan dan memberikan pekerjaan rumah kepada siswa. Selain itu pemahaman siswa tentang materi bilangan bulat masih rendah. Model pembelajaran problem posing dapat dijadikan solusi dan belum pernah diterapkan dalam pembelajaran di sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan/mendeskripsikan penerapan model pembelajaran problem posing untuk memahamkan siswa SMP tentang operasi bilangan bulat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yaitu dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIID SMP Negeri 17 Tanjung Jabung Timur Kabupaten Tanjung Jabung Timur Provinsi Jambi Semester ganjil 2016/2017. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran yang dapat memahamkan siswa SMP tentang operasi bilangan bulat yaitu dengan langkah-langkah pembelajaran yaitu (1) apersepsi dan motivasi mengenai apa itu bilangan bulat bentuk dan macam-macam bilangan bulat (2) present information (menyajikan informasi) peneliti menjelaskan menyampaikan informasi dan memberikan beberapa contoh tentang operasi bilangan bulat kepada siswa dengan bantuan media power point (3) team work (kerja kelompok) siswa dibagi dalam beberapa kelompok heterogen yang beranggotakan 3-4 orang dengan tujuan agar siswa dapat saling membantu berdiskusi dalam kelompok dalam menyelesaikan LKS tentang operasi bilangan bulat (4) problem posing activity (aktivitas problem posing) siswa diminta membuat dan mengajukan beberapa soal tentang operasi bilangan bulat beserta jawabannya sesuai dengan setiap informasi yang diperoleh pada LKS yang diberikan pada setiap kelompok belajar tersebut dan (5) Corrective answers (mengoreksi jawaban) setiap perwakilan kelompok diminta mengoreksi jawaban dari kelompok penyaji dengan memberikan saran dan masukan jika terdapat kesalahan pada pertanyaan maupun jawaban tentang operasi bilangan. Operasi bilangan pada penelitian ini mencakup penjumlahan pengurangan perkalian dan pembagian bilangan bulat. ABSTRACT Ulpah Maria. 2017. The Application of The Method of Problem Posing to Comprehend the Junior high school students Of Integer Operations. Thesis. Postgraduate of Mathematics Education Departmen The State University of Malang. Supervisor (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc (II) Dr.rer.nat. I Made Sulandra M.Si. Keywords Problem Posing Comprehend Integer Operations. The learning activities which conducted at SMP N 17 Tanjung Jabung Timur so far are still monotonous the teachers often use the lecture method do some assigments and give some homeworks for students. Beside that students comprehension about the integers are still low. Using The Method of Problem Posing can be a solution for this problem and it never applied at this school before. The aim of this research is to describe the application of the method of problem posing to comprehend the Junior High School students of integer operations. This is a classroom action research which use qualitative descriptive approach. The subjects in this study is VII.D grade students of SMP N 17 Tanjung Jabung Timur Jambi Province which consist of 30 students in the second semester of 2016/2017. The results of this study indicate that the application of learning models that can understand junior high students about integer operations that is with the steps of learning namely (1) apperception and motivation about what is an integer form and various integers (2) ) Present information the researcher explains conveys information and gives examples of integer operations to students with the help of power point media (3) team work students are divided into several heterogeneous groups of 3-4 members (4) problem posing activity (problem posing activity) students are asked to make and ask some questions about integer operations and their answers in accordance with each information Obtained on the LKS given to each learning group and (5) Co Rrective answers (correct answers) each group representative is asked to correct the answer from the presenter group providing suggestions and feedback if there are errors in the questions and answers about the number operations. The number operations in this study include addition subtraction multiplication and division of integers.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59656

Actions (login required)

View Item View Item