Model pembelajaran kooperatif tipe murder dengan media software graph untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi persamaan garis lurus di SMP Darul Ulum 1 Peterongan / Miftachul Rosadah - Repositori Universitas Negeri Malang

Model pembelajaran kooperatif tipe murder dengan media software graph untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi persamaan garis lurus di SMP Darul Ulum 1 Peterongan / Miftachul Rosadah

Rosadah, Miftachul (2017) Model pembelajaran kooperatif tipe murder dengan media software graph untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi persamaan garis lurus di SMP Darul Ulum 1 Peterongan / Miftachul Rosadah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rosadah Miftachul. 2017. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe MURDER Dengan Media Software Graph Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Persamaan Garis Lurus Di SMP Darul Ulum 1 Peterongan. Tesis. Jurusan Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Mulyati M.Pd. Pembimbing (II) Dr. Sisworo M.Si. Keywords Kooperatif MURDER Software Graph Motivasi Persamaan Garis Lurus. Motivasi belajar sangat penting dalam proses pembelajaran. Motivasi berguna untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu siswa harus memiliki motivasi belajar. Namun pada kenyataanya siswa di SMP Darul Ulum 1 masih memiliki motivasi belajar yang rendah. Hal tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah dengan menjelaskan materi kepada siswa dan siswa diminta untuk mengerjakan latihan soal. Semua itu berdampak negatif kepada siswa. Siswa menjadi pasif sering mengantuk tidur malas belajar takut mengungkapkan pendapatnya dan takut untuk presentasi di depan kelas. Salah satu materi yang sulit dipahami oleh siswa yaitu materi persamaan garis lurus. Untuk mengatasi masalah tersebut membutuhkan model pembelajaran yang dapat memunculkan motivasi siswa sehingga selama proses pembelajaran berlangsung siswa menjadi lebih aktif. Model yang dapat mengaktifkan siswa yaitu model pembelajaran tipe MURDER dengan media software graph. Siswa menemukan konsep dengan bantuan software graph. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe MURDER dengan berbantuan software graph untuk meningkatkan motivasi belajar pada materi persamaan garis lurus di SMP Darul Ulum 1 Peterongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Penelitian terdiri dari dua siklus yang masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Data dalam penelitian ini adalah hasil observasi motivasi belajar kegiatan guru kegiatan siswa angket dan hasil wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah peneliti sebagai guru dan siswa. Hasil penelitian ini yaitu motivasi belajar siswa meningkat dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe MURDER dengan berbantuan media software graph. Siswa ingin berhasil menguasai materi persamaan garis lurus siswa merasa nyaman dan tertarik dengan model pembelajaran kooperatif tipe MURDER dengan media software graph serta siswa berusaha untuk mendapatkan penghargaan. Hal tersebut ditujukkan dengan adanya peningkatan pada hasil observasi dari siklus satu ke siklus dua dengan skor rata-rata di atas 75% pada hasil observasi kegiatan guru kegiatan siswa dan motivasi siswa. Hasil observasi kegiatan guru pada siklus 2 yang terdiri dari tiga pertemuan untuk materi yaitu 96% 97% dan 98%. Skor untuk kegiatan siswa berdasarkan hasil observasi yaitu 75% 77% dan 78%. Hasil observasi motivasi yaitu 75% 78% dan 80%. Selain itu juga pada siklus dua 79% dari jumlah siswa termasuk kategori motivasi tinggi. ABSTRACK Rosadah Miftachul. 2017. Cooperative Learning Method Type MURDER in Softwere Graph Media to Increase Students Motivation in Equation of a Straight Line at SMP Darul Ulum 1 Peterongan. Thesis. Department of Math Education Master Graduate Degree Of State University of Malang. Advisor I Dr. Sri Mulyati M. Pd. Advisor II Dr. Sisworo M. Si. Keyworrds Cooperative MURDER Software Graph Motivation Equation of Straight Line A learning motivation is essential in the learning process. Motivation is useful to increase students achievement therefore the students must possess it. In fact the students at SMP Darul Ulum 1 still had low motivation. It was caused by the teachers at this school still apply teacher centered instruction by explaining the material to the students and getting them to do tasks. Those had negative effect on thestudents activities. Students became passive got drowsy sleeping lazy to learn and they were afraid when they conveyed their opinion and presentation in front of the class. One was difficult the materials to be comprehended by students is the equation of straight lines. To overcome those problems it needed a learning model that could engage the students motivation so that the students were more active in teaching and learning process. Learning method type MURDER with software graph media is used to activate the students. The students should learn the concept with the assistance of software graph. This research was aimed to describe the use of the cooperative learning method type MURDER with software graphs to increase students learning motivation in the equation of straight line material at SMP Darul Ulum 1 Peterongan. The method in this research was qualitative classroom action research. It had two cycles that consisted of four steps namely planning acting observing and reflecting. The data of this research was the result from the observation learning motivation teacher and student activities questionnaires and the result of interview. The source of this research was the researcher as the teacher and students. The result of this research showed the improvement of students learning motivation by applying cooperative learning method type MURDER with software graphs. The students wanted master equations of straight line material the students felt comfortable and interested in cooperative learning method type MURDER with software graph media and the students tried to get the reward. Those things were showed by the increasing of observation results from the first cyle to second cyle with the average score above75% at observation result of teacher s activities students activities and students motivation. The observation result of teacher s activities at cycle 2 which consisted of three meetings for the materials were 96% 97% and 98%. Based on result of observation in which the score of students activities were 75% 77% 785. The observation result of their motivation were 75% 78% and 80%. Besides in cycle 2 79% of the total students were categorized in high motivation.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59650

Actions (login required)

View Item View Item