Turangga, Surya (2015) Pembelajaran berbasis proyek untuk memampukan siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita aritmatika sosial / Surya Turangga. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Turangga Surya. 2015. Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Memampukan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aritmetika Sosial Tesis Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo M.Sc (II) Dr. Abdul Qohar M.T Kata Kunci Pembelajaran Berbasis Proyek Soal Cerita Aritmetika Sosial Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran berbasis proyek untuk memampukan siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita aritmetika sosial. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan di kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Panji Tahun Pelajaran 2014/2015 dengan banyak siswa 16 orang. Pelaksanaan penelitian siklus I terbagi dalam dua pertemuan pembelajaran dan satu pertemuan untuk tes hasil belajar dan pelaksanaan penelitian siklus II terbagi dalam tiga pertemuan pembelajaran dan satu pertemuan untuk tes hasil belajar. Data penelitian terdiri dari (1) data validasi perangkat pembelajaran dan instrumen penelitian (2) data observasi kegiatan guru dalam pembelajaran (3) data observasi kegiatan belajar siswa (4) data tes hasil belajar siswa dan (5) data hasil wawancara. Pengamatan yang dilakukan peneliti menunjukkan rendahnya kemampuan siswa SMP Muhammadiyah 1 Panji dalam menyelesaikan soal cerita aritmetika sosial.Aktivitas pembelajaran masih berpusat pada guru (teacher centered) dan rendahnya interaksi siswa dalam pembelajaran. Dari hasil wawancara dengan guru matematika diperoleh bahwa siswa kesulitan mencermati dan memahami soal berbentuk cerita. Berdasarkan kondisi tersebut maka perlu adanya peningkatan dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran berbasis proyek merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan oleh guru untuk memampukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmetika sosial. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran berbasis proyek yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita aritmetika sosial dilakukan dengan 6 langkah yaitu (1) menentuan pertanyaan mendasar (2) menyusun perencanaan proyek (3) mendesain jadwal (4) memonitor siswa dalam kemajuan proyek (5) menguji hasil dan (6) mengevaluasi pengalaman. Pembelajaran dimulai dengan membagi kelas menjadi 4 kelompok dilanjutkan dengan menentukan pertanyaan mendasar yang akan mengarahkan siswa melakukan tugas proyek membagikan lembar kerja proyek (LKP) membuat rencana jadwal dan melakukan kunjungan ke toko kelontong di sekitar rumah/sekolah siswa menyelesaikan LKP mendiskusikan hasil melalui presentasi kelompok dan pada akhir pembelajaran siswa mengutarakan perasaan dan pengalaman selama menyelesaikan proyek. Pada siklus I 50% berhasil menyelesaikan LKP dan pada siklus II meningkat menjadi 100%. Tes akhir meningkat dari 37.5% menjadi 81.25% siswa mendapat skor minimal 75 aktivitas guru dan siswa dalam kategori baik siswa mampu memahami soal cerita membuat model dan melakukan perhitungan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat memampukan siswa SMP dalam menyelesaikan soal cerita aritmetika sosial dan dari hasil wawancara dengan siswa juga didapat respon yang positif mengenai penerapan pembelajaran berbasis proyek.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Aug 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/59646 |
Actions (login required)
View Item |