Penggunaan papan berpetak untuk memahamkan materi persamaan garis lurus pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Danau Sembuluh, kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah / Joko Suwarno - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan papan berpetak untuk memahamkan materi persamaan garis lurus pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Danau Sembuluh, kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah / Joko Suwarno

Suwarno, Joko (2011) Penggunaan papan berpetak untuk memahamkan materi persamaan garis lurus pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Danau Sembuluh, kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah / Joko Suwarno. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci alat peraga manipulatif papan berpetak persamaan garis lurus Materi persamaan garis lurus dipelajari oleh siswa sekolah pada sekolah tingkat pertama baik MTs maupun SMP. Pada tahun pelajaran 2009/2010 peneliti memperoleh data bahwa siswa siswa SMP Negeri 4 Danau Sembuluh Kabupaten Seruyan belum mencapai ketuntasan pada materi persamaan garis lurus. Sebanyak 91 7% dari 24 siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi persamaan garis lurus. Dari data tersebut maka diperlukan suatu cara dalam upaya meningkatkan pemahaman siswa yang salah satunya melalui pembelajaran dengan penggunaan alat peraga manipulatif papan berpetak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan urutan langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan papan berpetak untuk memahamkan siswa kelas VIII tentang persamaan garis lurus. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan pada kelas VIII SMP Negeri 4 Danau Sembuluh Kabupaten Seruyan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah rencana pelaksanaan pembelajaran lembar kerja siswa tes akhir setiap tindakan lembar observasi pedoman wawancara angket sikap sikap dan respon siswa terhadap pembelajaran serta cacatan lapangan. Penelitian ini dirancang dalam 3 siklus selama 6 pertemuan dan setiap pertemuan membutuhkan waktu 2 jam pelajaran. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) pembelajaran menggunakan papan berpetak pada persamaan garis lurus membutuhkan LKS dengan masalah-masalah kontekstual sehingga dapat membantu siswa dalam mengkonstruksi pemahaman materi persamaan garis lurus (2) langkah-langkah pembelajarannya persamaan garis lurus menggunakan papan berpetak adalah (a) siswa belajar membuat bidang koordinat kartesius menggunakan papan berpetak (b) siswa belajar menentukan titik-titik yang dilalui oleh garis lurus (c) dengan bantuan papan berpetak siswa mengkonstruksi pemahamannya tentang konsep gradien (d) siswa belajar prosedur menentukan gradien persamaan garis lurus (e) siswa mengkonstruksi pemahamannya tentang menentukan persamaan garis lurus jika beberapa hal yang diperlukan diketahui dengan bantuan papan berpetak (3) kelebihan penggunaan alat peraga papan berpetak adalah siswa mempunyai kebebasan dalam membuat bidang koordinat kartesius atau grafik persamaan garis lurus jika terjadi kesalahan siswa dapat membetulkannya dengan cara melepas komponen yang salah pada papan berpetak (4) kelemahan penggunaan alat peraga papan berpetak adalah membutuhkan waktu yang lebih banyak karena siswa belum terbiasa dengan alat-alat yang digunakan. Saran dari hasil penelitian ini adalah (1) sebelum pembelajaran materi persamaan garis lurus sebaiknya dilakukan simulasi penggunaan papan berpetak untuk melatih siswa membuat bidang koordinat kartesius (2) pelaksanaan pembelajaran persamaan garis lurus menggunakan papan berpetak sebaiknya dilakukan secara kelompok (3) setelah siswa memahami konsep gradien suatu garis persamaan garis lurus guru harus memberikan perhatian lebih pada prosedur menentukan gradien suatu persamaan garis lurus yang dilakukan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/59644

Actions (login required)

View Item View Item